Kamis, 16 September 2021

Jika Diberi Amanah, Sandiaga Bertekad Wujudkan “Community Action Plan”

Jika Diberi Amanah, Sandiaga Bertekad Wujudkan “Community Action Plan”

Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, menyambangi permukiman warga di Jalan Tomang Raya, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Kamis (24/1/2019)

Jakarta, Swamedium.com — Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, berjanji akan membuat program bernama community action plan.

Banner Iklan Swamedium

Program tersebut merupakan wadah berdiskusi yang nanti menghasilkan solusi permasalahan masyarakat dengan melibatkan pemerintah dan relawan.

“Masyarakat diajak untuk mengusulkan solusi yang keberlanjutan dalam mengelola permukimannya,” kata Sandiaga saat mengunjungi permukiman warga yang mengalami kebakaran di Jalan Tomang Raya, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Kamis (24/1/2019).

Bersama lembaga nirlaba Dompet Dhuafa, Sandiaga menyelenggarakan diskusi penanggulangan pasca kebakaran yang menghanguskan 166 rumah pada Senin (21/1/2019) lalu.

Kerentanan bencana kebakaran di ibukota, lanjut Sandiaga, kerap terjadi di Jakarta Barat, khususnya di Kecamatan Tambora dan Grogol.

“Kebakaran di wilayah ini terjadi berulang kali dan terus mengintai warga. Oleh karena itu, bersama Dompet Dhuafa, kami ajak masyarakat berdiskusi menanggulangi potensi kebakaran ini dan penanganan pasca bencana yang komprehensif,” katanya.

“Kami ikut prihatin dan tidak ingin ini terulang kembali. Jadi saya ingin warga juga mengurangi risiko kebakaran,” lanjut Sandiaga.

Dia menjelaskan, agar kebakaran tidak kembali terulang, maka diharapkan pemerintah daerah Jakarta memberikan pelatihan yang kontinyu dan memastikan masyarakat memiliki budaya tanggap bencana.

“Nah ini yang harus dibangun, rata-rata kan kebakaran terjadi karena korsleting listrik, lupa mencabut kabel perangkat elektronik saat bepergian ke luar kota, dan sebagainya. Itu kan hal kecil dan seharusnya bisa diantisipasi,” imbuh Sandiaga.

Sumber: Kompas

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita