Sunday, 26 May 2019

Jokowi: Saya Tidak Keluar Uang, Ahok: Jokowi Didukung Pengembang

Jokowi: Saya Tidak Keluar Uang, Ahok: Jokowi Didukung Pengembang

Foto: Marwan Batubara (ist)

Oleh: Marwan Batubara*

Jakarta, Swamedium.com — Presiden Jokowi dalam Debat Pilpres I tanggal 17 Januari 2019 telah dengan bangga menyatakan keberhasilan memenangkan Pemilihan Walikota Solo (2010) dan Pemilihan Gubernur DKI (2017) hanya dengan dukungan dana yang kecil. Jokowi berujar:

“Ya tadi sudah saya sampaikan bahwa rekrutmen yang berdasarkan kompetensi, bukan finansial itu menjadi kunci. Tapi kan contoh, saya sendiri, pada saat pemilihan Walikota, saya betul-betul menggunakan anggaran begitu sangat kecil. Ke partai pun, waktu pemilihan Gubernur di DKI Jakarta saya tidak mengeluarkan uang sama sekali.”

“Pak Prabowo pun juga tahu mengenai itu. Ketua partai pendukung pun juga tahu mengenai itu. Tetapi memang ini sekali lagi memerlukan sebuah proses yang panjang. Memerlukan proses yang panjang. Artinya apa? Pergerakan politik itu bisa dimulai dari relawan. Bisa dimulai dari keinginan publik untuk mendapatkan pemimpin-pemimpin yang baik tanpa mengedepankan finansial.”

Mungkin saja Jokowi terpilih pada pilkada-pilkada di atas dengan pengeluaran dana yang kecil. Namun Anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Nicholay Aprilindo, membantah pernyataan Jokowi yang mengaku tidak mengeluarkan uang ketika mencalonkan sebagai Gubernur DKI Jakarta tersebut.

“Itu bohong jika dia katakan tanpa biaya. Segala sesuatu saat itu dibiayai oleh Hashim Sujono Djojohadikusumo, baik Ahok atau Jokowi tidak didukung oleh pengusaha. Dana murni dari kantung Hashim,” kata Nicholay di Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Ternyata saat memenangkan Pilpres 2014, Jokowi pun didukung oleh pihak lain. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pernah menyatakan bahwa: Jokowi tidak akan bisa menjadi presiden jika tidak didukung oleh pengembang. Dengan kata lain, Ahok mengatakan bahwa Jokowi hanya bisa menjadi Presiden RI karena didukung (dana massif) dan atas peran pengembang. Apa yang dibangun Jokowi selama menjadi gubernur berupa rumah susun, jalan inpeksi, waduk, dan lain-lain itu tidak dibiayai dari APBD, melainkan oleh pengembang.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)