Tuesday, 18 June 2019

Rocky Gerung dan Akal Sehat

Rocky Gerung dan Akal Sehat

Rocky Gerung saat sampaikan orasi pada Deklarasi Alumni Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia untuk pemenangan Prabowo-Sandi.

4. Tentang definisi keadaan: The beginning of the end.

Mendifinisikan keadaan adalah tugas sejarah seorang filosof. RG mendefinisikan saat ini sebagai “the beginning of the end”, yakni sebuah keadaan di mana perubahan itu tidak mungkin ditarik mundur. Rocky melihat bahwa pada 17 Augustus 1945 adalah hari kemerdekaan, dan pada 17 April 2019 adalah hari kemenangan akal sehat.

Memeriksa keadaan masyarakat dalam mazhab kaum idealis seperti RG dilakukan dengan melihat berbagai fenomena2 yang terjadi dimasyarakat, dengan melihat “common sense” dan dialektika yang ada.

*Penutup*

Rocky Gerung adalah filosof besar bangsa kita. Meskipun secara mazhab, RG berbeda dengan kaum empiricist seperti Darwinis, Marx, dan Nietzsche, namun pikiran2 RG selain berguna bagi kaum idealis, dapat juga memotovasi kaum “empiricist” untuk muncul memberi pencerahan buat bangsa kita.

RG sudah menegaskan bahwa dia tidak pernah menjelek2an Jokowi sebagai manusia sederhana. Bagi Rocky, manusia sederhana dibutuhkan untuk memimpin keluarga, bukan memimpin sebuah bangsa besar.

*Penulis adalah Peneliti Sabang Merauke Circle

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)