Wednesday, 24 April 2019

Dalami Kasus Indonesia Barokah, Polisi Tunggu Rekomendasi Dewan Pers

Dalami Kasus Indonesia Barokah, Polisi Tunggu Rekomendasi Dewan Pers

Jakarta, Swamedium.com — Mabes Polri masih menunggu hasil kajian komprehensif berupa pendapat, penilaian, dan rekomendasi (PPR) dari Dewan Pers terkait tabloid Indonesia Barokah. Setelah surat resmi itu diterima, kepolisian akan langsung mempelajari PPR tersebut untuk menentukan langkah yang akan diambil berikutnya.

“Siang ini memang akan segera dikirim surat (ke Mabes Polri) dari Dewan Pers hasil kajian komprehensif berupa, istilahnya dari Dewan Pers itu PPR,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, di STIK-PTIK, Jakarta Selatan, Selasa (29/1).

Dedi menjelaskan, setelah diterima Mabes Polri, tim yang dibentuk oleh Bareskrim akan langsung mempelajari hasil kajian tersebut. Tim itu sejak kemarin juga sudah melakukan pengkajian terhadap laporan yang diadukan oleh pihak Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

“Tim juga sudah mengkaji dari laporan BPN dari data maupun fakta yang diajukan Sabtu (26/1) kemarin,” kata Dedi.

Menurut Dedi, pengkajian terhadap laporan BPN dan PPR dari Dewan Pers akan dikombinasikan dan dipelajari lebih lanjut. Kepolisian pun akan memanggil saksi ahli dalam melakukan pengkajian terhadap konten maupun narasi yang ada di dalam tabloid tersebut jika memang dirasa perlu.

“Saksi ahli bahasa, saksi ahli pidana, maupun saksi ahli dari Dewan Pers sendiri terkait masalah narasi yang ada di dalam tabloid IB tersebut maupun tidak menutup kemungkinan kalau misalnya ada unsur-unsur pidananya di situ,” jelasnya.

Setelah kajian secara komprehensif dilakukan atas laporan BPN dan PPR Dewan Pers, barulah kepolisian memutuskan langkah yang akan dilakukan berikutnya. Kepolisian tak ingin buru-buru untuk mengkaji laporan-laporan tersebut.

“Setelah kajian-kajian secara komprehensif, baru kita nanti memutuskan langkah apa yang harus dilakukan oleh tim dalam mengungkap tabloid IB tersebut. Jangan buru-buru,” tutur dia.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)