Friday, 19 July 2019

Beban Berat Petahana Menghadapi Debat Kedua

Beban Berat Petahana Menghadapi Debat Kedua

Mahasiswa usung keranda Jokowi

Oleh : Hersubeno Arief

Sebagai  juara bertahan, seharusnya Jokowi menghadapi debat kedua yang akan berlangsung Minggu (17/2) malam dengan penuh percaya diri. Dia tinggal memaparkan keberhasilan kinerjanya selama hampir lima tahun. Sebaliknya Prabowo harus bisa meyakinkan publik, tentang rencana dan program kerja.

Beban berat seharusnya ada di pundak Prabowo. Namun yang terjadi malah sebaliknya. Jokowi menghadapidebat pilpres kedua ini dengan sejumlah persoalan berat. Mulai dari berbagai blunder kebijakan pemerintahan dan blunder yang dilakukan pendukungnya, sampai melesetnya janji-janji kampanyenya.

Dalam pekan ini saja ada dua blunder besar yang dilakukan pendukung Jokowi. Pertama, Prabowo dilarang salat Jumat oleh Ketua Takmir Majelis Agung Kauman, Semarang. Kedua, kemarahan pendukung Jokowi kepada CEO Bukalapak Achmad Zaky.

Gara-gara kicauan Zaky soal rendahnya dana riset di Indonesia, pendukung Jokowi menyerukan tagar #UnInstallBukalapak. Seruan itu dibalas dengan tagar #UnInstallJokowi dan #ShutdownJokowi. Kedua tagar itu bahkan menjadi trending topic dunia.

Agar masalahnya tidak berlarut, Jokowi mengundang Achmad Zaky ke istana. Gibran Rakabuming, putra Jokowi kemudian mencuitkan ajakan untuk memaafkan. Dia mengajak masyarakat untuk dewasa menyikapinya. Sebab, kata Gibran, pelaku UMKM sepertinya merasa sangat terbantu dengan adanya platform tersebut.

Cuitan Gibran dibalas dengan sangat kasar oleh para pendukung Jokowi. Mereka bahkan menyuruh Gibran untuk diam.

Topik yang berat untuk Jokowi

Debat antar-capres kali ini akan mengambil tema : Masalah pangan, energi, sumberdaya alam, lingkungan hidup, dan infrastruktur.

Jajak pendapat yang dilakukan oleh Litbang Harian Kompas 13-14 Februari menunjukkan masyarakat menilai masalah pangan yang paling mendesak untuk ditangani capres terpilih (51,8 %), infrastruktur (15.3%), sumber daya alam (12.1%), lingkungan (10.5%) dan energi (5.5%).

Pages: 1 2 3 4 5

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)