Tuesday, 23 April 2019

Sekolah Pemikiran Islam Bukan Sekolah Main-main!

Sekolah Pemikiran Islam Bukan Sekolah Main-main!

Bandung, Swamedium.com — Perkuliahan Sekolah Pemikiran Islam (SPI) Bandung Angkatan ke-5 telah resmi dibuka, Kamis (14/2) lalu. Peresmian tersebut dipimpin langsung oleh Akmal, S.T., M.Pd.I, selaku pendiri sekaligus Kepala Sekolah SPI Pusat yang juga aktif sebagai Koordinator Pusat #IndonesiaTanpaJIL (ITJ).

Kuliah perdana yang diadakan di gedung PPPPTK IPA, Jl. Diponegoro, Bandung tersebut berjalan santai namun juga serius. Menurut Akmal, ini adalah kali pertama SPI Bandung mengalami lonjakan jumlah peserta yang cukup besar. Selain itu, beliau menyampaikan bahwa pada periode ini juga SPI Jakarta Angkatan ke-9 sedang menjalani studinya, dan dalam waktu yang dekat akan segera dibuka Angkatan ke-2 SPI Tangerang Raya.

Untuk SPI Bandung Angkatan ke-5 ini, perkuliahan akan dilakukan pada hari Kamis pukul 18.30-21.00 WIB setiap pekannya dengan narasumber yang berbeda-beda. Perkuliahan SPI dilangsungkan selama dua semester dengan sepuluh mata kuliah di setiap semesternya. Materi-materi yang ditawarkan pada Semester 1 adalah Ghazwul Fikri, The Worldview of Islam, Jurnalistik Dasar, Tauhidullaah, Konsep Diin, Wahyu dan Kenabian, Diskusi Literasi, Masyarakat Jahiliyah, dan Adab.

“Selain itu, setiap peserta akan mendapatkan tugas berupa reportase tentang bagaimana perkuliahan berlangsung diambil dari sudut pandang yang berbeda dan juga tugas berupa karya tulis ilmiah tentang materi yang disampaikan setiap pertemuannya. Tugas-tugas ini nantinya akan menjadi salah satu penentu kelulusan para peserta. Jadi, sejatinya kelulusan bukan hanya pada faktor kehadiran saja,” ujar Akmal.

Ada pendapat menarik tentang peresmian dibukanya SPI cabang Bandung angkatan ke-5 ini. Rahadian (24), salah seorang peserta, mengemukakan, dengan pengenalan silabus dan tata tertib yang telah disusun dan dijelaskan pada pertemuan awal, membuktikan masuk SPI nggak main-main.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)