Tuesday, 23 April 2019

Nah! Lewat Laut atau Tol, KemenPUPR: Biaya Logistik Indonesia Mahal

Nah! Lewat Laut atau Tol, KemenPUPR: Biaya Logistik Indonesia Mahal

Dirjen Cipta Karya Danis Sumadilaga (RMOL)

Jakarta, Swamedium.com — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengakui bahwa biaya logistik baik melalui angkutan, laut, darat maupun udara masih cukup besar dibandingkan negara lain.

Hal itu disampaikan Dirjen Cipta Karya Danis Sumadilaga di sela diskusi bertema ‘Membangun Infrastruktur yang Tepat Sasaran’ di Hotel Millenium Sirih, Jakarta, Rabu (27/2).

“Berbicara transportasi atau angkutan barang apakah lewat laut maupun tol saya berbicara bahwa memang negara kita ini biaya logistiknya masih cukup besar 24 persen kalau tidak salah. Dibandingkan dengan negara-negara lain yang angkanya di bawah itu,” jelasnya.

Yang dilakukan saat ini adalah PUPR hanya berkontribusi untuk mendukung transportasi darat maupun laut yaitu melalui pembangunan jalan yang bertujuan untuk mendukung transportasi. Sehingga biaya logistik dapat lebih murah.

“Output-nya adalah panjang jalan yang dibangun. Tapi sebenarnya dampak yang diharapkan adalah biaya logistik dengan lancarnya angkutan barang dan penumpang ke pelabuhan itu adalah biaya logistik yang turun,” tutur Danis.

Namun, di sisi lain, terdapat regulasi yang juga perlu diubah atau ditingkatkan.

“Infrastruktur lebih dibutuhkan. Tapi di samping infrastruktur, ada pendukung infrastruktur yang terkait dengan regulasi, biaya handling dan sebagainya yang juga perlu ditingkatkan,” tandasnya.

Sementara itu, menurut Ketua Umum Indonesian National Shipowners Association Carmelita Hartoto, sebaiknya Indonesia bercermin dari negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

“Ya kita lihat tetangga sebelah Singapura atau Malaysia bagaimana mereka mendukung dalam hal ini mereka negara maju. Kita mungkin hanya bisa jadi hero di negara kita sendiri atau jago kandang tapi di luar kita tidak bisa bersaing,” jelasnya.

Sumber: RMOL

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)