Minggu, 25 Oktober 2020

Bupati Batubara Sumut Harus Bertanggung Jawab

Bupati Batubara Sumut Harus Bertanggung Jawab

Oleh: Asyari Usman*

Jakarta, Swamedium.com — Pernyataan dukungan kepada paslonpres 01 Ko-Ruf dari sejumlah kepala desa (kades) di Kecmatan Medang Deras, Kabupaten Batubara, di Provinsi Sumatera Utara, harus ditindak oleh Bawaslu/Panwaslu. Sebab, pelanggaran hukum yang terjadi sudah sangat jelas. Melanggar UU tentang Pemerintahan Daerah yang mewajibkan aparat pemerintah berposisi netral di dalam proses pemilu.

Karena itu, rakyat menunggu langkah Bawaslu/Panwaslu. Surat Pernyataan yang ditandatangani oleh para kades itu menyertakan stempel desa. Tidak ada alasan untuk membiarkan ini. Mengingat, seorang kades di pulau Jawa harus mendekam di penjara karena mendukung paslonpres 02.

Bupati Batubara, Ir Zahir, tidak bisa berlepas tangan. Bupati yang berasal dari PDIP itu adalah atasan para kades yang melanggar hukum tsb. Dia berkewajiban untuk memastikan kenetralan semua aparatur pemerinatahan yang berada di lingkungan Pemkab.

Kita percaya Pak Bupati adalah seorang “pemain fair”. Meskipun banyak juga selentingan yang menyebutkan bahwa Pak Zahir tidak netral. Saya belum percaya itu. Banyak orang mengatakan bahwa Zahir mendukung Ko-Ruf dan melakukan upaya untuk memenangkan 01 di Batubara. Itu kata orang.

Saya tidak yakin beliau melakukan itu. Sebab, Zahir dikenal sebagai seorang demokrat sejati yang selalu ingin bertarung secara fair dan patriotik. Walau pun Zahir orang PDIP, saya yakin dia bukan jenis orang rela main curang.

Tetapi, rakyat Kabupaten Batubara akan menunggu pertanggujawaban Zahir dalam kasus kades dukung Ko-Ruf itu. Beliau ini bertanggung jawab penuh. Zahir harus menjelaskan kepada rakyat mengapa para kades itu membuat pernyataan politik.

Zahir harus bisa menunjukkan bahwa dia tidak terkait sedikit pun dengan pernyataan itu. Bawaslu/Panwaslu wajib membongkar masalah ini sampai tuntas dan menegakkan hukum yang berlaku terhadap pernyataan politik para kades.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.