Minggu, 18 Oktober 2020

Jadi penyelamat Hewan, Animal Defender Justru Difitnah

Jadi penyelamat Hewan, Animal Defender Justru Difitnah

Jakarta, Swamedium.com – Ketidakpahaman masyarakat awam mengenai tempat penampungan hewan (shelter) terlantar diduga dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk memfitnah ketua sekaligus pendiri organisasi pecinta hewan ‘Animal Defenders Indonesia’, Doni Herdaru Tona.

Akibatnya, salah satu animal shelter yang berada di RT 01 RW 06 Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, digeruduk massa bersama Muspika dan Satpol PP pada Kamis (28/2/2019).

“Awalnya mereka protes soal ‘buangan kotoran’ hewan dari tempat kami. Padahal sejak kami bangun shelter ini semua kotoran langsung masuk septic tank. Pada saat sidak yang dihadiri Muspika dan Satpol PP, mereka melihat sendiri. Lalu, isu ini berkembang menjadi isu agama karena dipelintir. Animal shelter dibilang peternakan dan pemotongan anjing, bahkan kami disebut pemasok daging anjing,” ujar Doni Herdaru Tona dalam rilisnya, Jumat (1/3).

Sosok pria yang sangat terkenal di kalangan pecinta hewan itu mengakui bahwa sangat sulit menjelaskan perihal animal shelter kepada masyarakat awam. Apalagi, ketika warga sudah ‘diracuni’ dengan hasutan dan kebencian oleh oknum tertentu.

“Kami pernah minta kepada Kades setempat untuk bertemu dengan warga, memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai animal shelter. Akan tetapi Kades bilang nggak usah, nanti saja katanya. Nah, tiba-tiba sudah digeruduk aja,” tutur Doni.

Menurut Doni Herdaru Tona, lahan tempat berdirinya Animal Shelter yang digeruduk merupakan milik Sumri, Kepala Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tanah tersebut kemudian dibeli oleh Yayasan Rumah Satwa Nusantara dan diperuntukkan sebagai animal shelter pada September 2018.

“Pemilihan lokasi tersebut berdasarkan kecocokan antara kriteria yang diperlukan, seperti jauh dari pemukiman dan telah diutarakan sejak awal oleh notaris yang mencarikan tanah sesuai kriteria. Kepala Desa sekaligus pemilik tanah menjanjikan bahwa ijin akan beres dia urus dan mendapat persetujuan warga setempat,” jelas Doni.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.