Minggu, 25 Oktober 2020

Massa Apel Siaga Umat Islam Bergerak dari 4 Titik Menuju KPU

Massa Apel Siaga Umat Islam Bergerak dari 4 Titik Menuju KPU

Foto: Kantor Komisi pemilihan Umum (KPU) Pusat (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Polda Metro Jaya menerima laporan massa yang tergabung dalam Forum Umat Islam (FUI) bergerak dari empat titik kumpul di Jakarta menuju Gedung KPU untuk menggelar aksi Apel Siaga Umat yang rencananya digelar sekitar pukul 13.00 WIB, Jumat (1/3).

“Kegiatan aksi damai dari ormas tertentu nanti siang agendanya akan dilaksanakan di KPU pusat. Bertitik di Masjid Sunda Kelapa, Cut Mutia, Al Hakim, dan Kuningan. Massa berkumpul di sana kemudian ke Gedung KPU,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat ditemui di Jakarta.

Argo mengatakan kepolisian telah mengerahkan 4.000 personel untuk mengawal aksi tersebut. Dia menjamin pengamanan telah siaga untuk memastikan aksi berjalan tertib dan lancar.

“Aksi ini tuntutannya mendukung KPU bersikap adil dan jujur dalam melaksanakan pemilu. Ini aksi damai untuk dukung KPU,” kata Argo.

Argo sebelumnya mengatakan pemberitahuan soal aksi Apel Siaga Umat telah diterima oleh pihaknya. Dari pemberitahuan aksi tersebut, kata Argo, aksi akan dimulai dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) menuju ke Kantor KPU.

Namun, sambungnya, berdasarkan aturan yang ada area Bundaran HI tidak boleh dijadikan sebagai tempat aksi. Pihak kepolisian berkoordinasi dengan pihak penyelenggara aksi untuk memindahkan lokasi titik kumpul.

“Jadi nanti kumpulnya dialihkan, ada beberapa masjid di sekitar Bundaran HI, ada Masjid Cut Mutia, dan sebagainya di sana,” ujar Argo.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman tak mempermasalahkan rencana aksi FUI. Arief mengatakan KPU menghormati hak warga negara. Namun ia meminta peserta aksi tertib dan menghormati orang lain saat menggunakan hak berunjuk rasa.

“KPU tentu akan melayani, menerima aspirasi mereka, tapi kami juga tentu berharap mereka bisa bijak dalam menggunakan hak-hak mereka,” kata Arief di Kantor KPU, Jakarta.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.