Tuesday, 23 April 2019

Bawaslu: APK 01 di kawasan Bandara Syamsuddin Noor langgar aturan

Bawaslu: APK 01 di kawasan Bandara Syamsuddin Noor langgar aturan

Banjarmasin, Swamedium.com — Setelah sempat viral dan menjadi isu luar, akhirnya terbukti sudah APK Jokowi – Ma’ruf di Banjarbaru emang melanggar aturan sehingga ditertibkan oleh Bawaslu.

Pemasangan baliho Capres-Capres nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin yang berjejer di pagar pembatas Bandara Syamsudin Noor hingga sepanjang Jalan Achmad Yani, Banjarbaru, Ahad (10/3/2019), langsung disikapi jajaran Bawaslu Banjarbaru dan Bawaslu Kalsel.

Dalam jumpa pers di Kantor Bawaslu Provinsi Kalsel di Banjarmasin, Senin (11/3/2019). Ketua Bawaslu Kota Banjarbaru, Dahtiar menegaskan pemasangan APK 01 itu jelas melanggar karena berada di areal terlarang.

“Padahal, sudah beberapa kali dalam rapat bersama Panitia Haul Abah Guru Sekumpul, ditegaskan agar momen haul itu tidak dimanfaatkan untuk aktivitas politik. Bahkan, di kawasan seputaran acara haul harus bersih dari alat peraga kampanye dan atribut peserta pemilu,” ucap Dahtiar.

Dia mengakui ketika pemasangan APK capres-cawapres 01 itu viral di medsos, khusus di grup WA, maka diinstruksikan agar panwaslu kecamatan dan kelurahan segera menurunkan baliho untuk disimpan ke samping.

Dahtiar juga mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan tim penertiban APK di Banjarbaru, guna memastikan pihak mana yang memasang baliho 01 dan harus segera menurunkannya. Atau, menurut dia, bisa dipindahkan ke parpol pengusung yang tergabung dalam tim penertiban APK.

“Dari informasi Minggu (10/3/2019), sekitar pukul 11.24 Wita, perwakilan parpol pengusung paslon 01, bernama Asep bahwa yang memasang adalah para relawan, bukan berasal dari salah satu koalisi parpol pengusung. Atas dasar itu, kami menginstruksikan agar APK itu segera diturunkan,” tegas Dahtiar.

Rupanya hingga pukul 11.45 Wita, usai mendapat instruksi dari Bawaslu Banjarbaru, seorang staf yang juga mantan Panwas Kelurahan Syamsudin Noor, Raga Jatsuma berinisiatif menurunkan dan merobohkan baliho itu tanpa merusak APK sebanyak 15 buah. “Lalu, ada juga dua orang jamaah yang lewat ikut merobohkan APK tersebut,” tutur Dahtiar.

Pages: 1 2 3

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)