Minggu, 25 Oktober 2020

Wis Wayahe

Wis Wayahe

Prabowo di Serang, Banten

Oleh: Tony Rosyid*

Jakarta, Swamedium.com — “Wis Wayahe”. Kalimat ini bergema di Pesantren Al-Anwar Sarang saat Prabowo sowan ke K.H. Maemoen Zubair September tahun lalu. Hampir semua santri dari lantai satu hingga lantai tiga menggemakan suara “Wis Wayahe”… Bercampur gema shalawat dari lidah ribuan santri. Suara ini mengiringi perjalanan Prabowo dari “ndalem” K.H. Maemoen Zubair ke “ndalem” K.H. Najih Maemoen Zubair, sang putra yang terang-terangan mendukung dan mengkampanyekan Prabowo for presiden.

Santri berani teriakkan “Wis Wayahe”, tentu setelah para santri yakin Sang Kiyai mendukung penuh Prabowo jadi presiden. Dukungan ini dibaca para santri dari isi ceramah dan doa Mbah Moen. Terang dan jelas. Doakan Prabowo jadi presiden. Publik bisa melihatnya di YouTube.

Ceramah dan doanya natural. Tanpa diminta, apalagi diintervensi. Tak ada ralat doa. Tak ada selfie di kamar. Sebab, yang di kamar hanya ada K.H. Maemoen Zubair dan Prabowo. Tak ada kamera dan tukang foto. Kedua tokoh ini juga tak suka selfie. Keikhlasan menjadi rahasia hubungan mereka dengan Tuhan.

Di “ndalem” Mbah Moen, Prabowo dapat perlakuan cukup istimewa, bila dibanding politisi yang lain. Terutama jika dikait-kaitkan dengan isu pilpres kali ini. Setiap kali melangkah, tangan mulia Mbah Moen menggandeng erat Prabowo. Gandengan penuh energi. Diajak ke kamar khusus, lalu diminta untuk naik mobil putih. “Mobil saya ini seperti mobil presiden”, kata Mbah Moen. Gak tahu apa maksud Kiai sepuh ini. Hanya Allah, beliau dan Prabowo yang tahu.

Saat Prabowo digenggam tangannya oleh Mbah Moen dan diajak ke kamar di tengah keramaian para ulama dan tamu di ruang depan, Gus Najih, putra Mbah Moen berbisik kepada salah satu santri: Prabowo menang. Insya Allah. Si santri kaget. Buru-buru Gus Najih melanjutkan: “2014 Jokowi yang diajak ke kamar, dan 2019 ini Prabowo yang diajak ke kamar”. Lagi-lagi, Gus Najih mengahiri statemennya dengan kalimat:”insya Allah”.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.