Thursday, 20 June 2019

Habib Abubakar bin Hasan: Saya NU, saya pilih 02

Habib Abubakar bin Hasan: Saya NU, saya pilih 02

Jakarta, Swamedium.com — Lini masa media sosial Twitter, Selasa (19/3/2019) lalu muncul tanda pagar (tagar) #SayaNUSayaMilih02 dan sempat menduduki lima besar topik yang ramai dibincangkan. Usut punya usut, pencetus tagar ini merupakan tokoh NU Jawa Timur yakni Habib Abubakar bin Hasan yang juga Wakil Rois Syuriyah PCNU Kabupaten Pasuruan.

Habib Abubakar memiliki alasan mengapa dirinya membuat tagar tersebut? Menurut dia, tagar tersebut merupakan respons atas kampanye hitam yang disampaikan dalam pidato KH Anwar Iskandar terkait pasangan Prabowo-Sandi. “Intinya selama ini dihembuskan di belakang Paslon 02 itu seolah kelompok radikal. Di kubu 02 itu dianggap kurang NU-nya. Maka secara spontan membuat hastag itu,” ungkap Habib Hasan saat dihubungi, Selasa (19/3/2019).

Berikut wawancara lengkap INILAH.COM bersama pria kelahiran Pasuruan, 16 September 1974 ini melalui saluran telepon:

Apa alasan Anda membuat hastag #SayaNUSayaMilih02?

Alasan pertama, hal itu untuk merespons pidato KH Anwar Iskandar yang menyatakan seolah-olah kalau yang terpilih pasangan calon 02, tahlilan amaliyah NU akan punah. Intinya selama ini dihembuskan di belakang pasangan calon 02 itu kelompok radikal. Kemudian seakan-akan di kubu 02 dianggap kurang NU-nya. Maka secara tiba-tiba dan spontan saya berusaha untuk memberikan penjelasan kepada para warga internet (netizen) karena video KH Anwar Iskandar cukup viral di twitter.

Saya ceritakan kronologi kenapa pilih 02. Pilihan itu hasil komunikasi dengan para kiai NU, termasuk KH Abdul Qoyyum (Lasem, Rembang) yang merupakan konseptor Ijtima Ulama dan perumus pakta integritas untuk paslon 02. Di kubu 02 tidak sedikit kiai NU, walau tidak di struktur tapi kultural ternasuk keturunan (dzuriyat) NU, Seperti Gus Aam, Gus Irfan Yusuf.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)