Senin, 26 Oktober 2020

Rumah Siap Kerja Prabowo-Sandi Dinilai Lebih Realistis Atasi Pengangguran

Rumah Siap Kerja Prabowo-Sandi Dinilai Lebih Realistis Atasi Pengangguran

Calon Wakil Presiden, Sandiaga Salahuddin Uno memperkenalkan konsep Rumah Siap Kerja untuk menanggulangi pengangguran di Indonesia.

Semarang, Swamedium.com —‎Debat ketiga pemilihan presiden (Pilpres) 2019, yang menjadi panggung adu gagasan antar calon wakil presiden (Cawapres) baru saja usai pada Ahad (17/3) lalu. Dalam kesempatan itu, Cawapres nomor urut 01, Ma’ruf Amin, beradu piawai dengan ‘juniornya’, Sandiaga Uno.

Chief Executive Officer (CEO) Makna Informasi, M Rahmat Yananda, mengatakan debat kemarin merupakan adu gagasan dari dua generasi yang berbeda. ‎

Menurutnya, Kiai Ma’ruf merupakan perwakilan generasi Baby Boomers yang tumbuh di era pertanian dan manufaktur‎.

Sementara, Sandiaga adalah generasi X yang dekat dengan generasi Y (milenial‎). “Tentu, ini punya pengaruh dalam pola pikir masing-masing,” ujarnya, dalam keterangan tertulis, Rabu (20/3).

Menurutnya, ‎dari jarak antara generasi, dalam kontesk perebutan suara milenial, Sandiaga harusnya jelas diungutngkan daripada Kiai Ma’ruf. Pun demikian, sambungnya, dalam gagasan terkait ketenagakerjaan antar kedua kandidat.

“Salah satu kekuatan Sandi ialah ketika melontarkan gagasan tentang ‘Rumah Siap Kerja’ dan mengganti Ujian Nasional (UN),” ucap Rahmat.

Dikatakan, gagasan ini lebih realistis dalam menghadapi ‘membludahknya’ tenaga kerja dibanding ‘Kartu Pra Kerja’ yang dilontarkan Kiai Ma’ruf dalam debat kemarin. ‎Menurut dia, melalui kebijakan tersebut Sandiaga seolah ingin mengingatkan bahwa tamatan sekolah menengah kejuruan (SMK), sekolah menengah atas (SMA), dan Diploma menjadi penyumbang angka pengangguran cukup tinggi.

“Padahal, tamatan sekolah-sekolah tersebut seharusnya mendapatkan kesempatan kerja yang lebih baik,” sambungnya.

Selain itu, menurut dia, melalui dua program di atas Sandiaga juga seakan mendeteksi adanya ketidaksesuaian kompetensi dengan kebutuhan industri (pasar).

Alhasil, ucap Rahmat, ‘Rumah Siap Kerja’ yang bisa berbentuk coworking atau creative hub, mampu menjembatani ketidaksesuaian tersebut dalam satu pelayanan terpadu.

Dibanding juniornya, Kiai Ma’ruf justru menawarkan ‘Kartu Pra Kerja’, gagasan yang pernah disampaikan Presiden Jokowi sebagai Capres 01 pasangan Ma’ruf Amin.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.