Selasa, 20 Oktober 2020

Tak Bisa Bedakan Batak dan Mandailing, Jokowi Didemo Warga

Tak Bisa Bedakan Batak dan Mandailing, Jokowi Didemo Warga

Sejumlah pemuda Mandailing membentangkan spanduk di lapangan Monas, Jakarta, Selasa (20/3/2019) memprotes Presiden Jokowi soal pernyataan 'Batak Mandailing'

Jakarta, Swamedium.com — Warga Mandailing di Jakarta memprotes Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) terkait pernyataan Batak Mandailing.

Aksi protes berlangsung di lapangan Monas, Jakarta, Selasa (20/3/2019) dengan menggelar spanduk panjang bertulis : “Tuan Presiden, Mandailing Bukan Batak”.

Protes itu dilakukan menyusul adaya pernyataan Presiden RI Joko Widodo melalui akun resmi facebook– nya yang menyebutkan “Batak Mandailing”. Diposting pada Ahad (17/3-2019), pukul 09.17, usai melakukan kunjungan kerja di beberapa tempat di Sumut.

“Kami ingin menegaskan kepada dunia berdasarkan sejarah Mandailing adalah suku yang mandiri dan tidak ada sangkut-pautnya dengan batak. Kami protes keras pernyataan presiden melalui halaman facebook-nya. Tidak pernah ada istilah “Batak Mandailing”, yang benar adalah Mandailing, tanpa embel-embel suku apa pun,” ujar Khoirur Rijal Nasution, koordinator aksi yang dikutip Beritahuta.com.

Mewakili teman-temannya, putra Hutabargot, Madina, yang juga alumni Universitas Bung Karno Jakarta ini, meminta presiden hati-hati dalam pengelolaan akun resmi pemerintah. Apalagi menyangkut keberadaan suku-suku yang ada di Sumut dengan label batak.

Sebab hal ini berpotensi menyulut keresahan dan amarah publik dan terkesan tidak menghargai eksistensi kemajemukan suku-suku yang ada di Sumut. “Ini bagian dari awal aksi kami sampai Pak Presiden mengoreksi postingannya,” katanya.

Foto beberapa anak muda yang sedang membentang spanduk panjang bertuliskan, “Tuan Presiden, Mandailing Bukan Batak,” itu sekarang sedang ramai dibicarakan di media sosial yang dihuni kalangan orang Mandailing.

Berbagai komentar pengguna WhatsApp, FB dan lainnya muncul. Mereka umumnya menyatakan kecewa atas pernyataan Jokowi.

“Semoga kejadian ini meningkatkan rasa kekerabatan dan kekompakan kita orang Mandailing dimana pun berada,” kata Arsyad Lubis melalui grup WhatsApp Mandailing Godang.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.