Minggu, 25 Oktober 2020

“Tugasmu Mengayomi. Pak Polisi, Jangan Ikut Kompetisi”

“Tugasmu Mengayomi. Pak Polisi, Jangan Ikut Kompetisi”

Foto: Ilustrasi. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — “Tugasmu mengayomi…Tugasmu mengayomi…
Pak Polisi….Pak Polisi…
Jangan Ikut Kompetisi…”

Syair lagu ini viral karena pendek dan mudah dihapal. Begitulah seharusnya polisi itu berdiri. Ada di tengah, dan gak berpihak kepada paslon manapun.

Demokrasi akan cacat dan reputasi institusi kepolisian untuk jangka waktu yang sangat panjang, mungkin sepanjang usia negara Indonesia ini berdiri, akan dipertaruhkan jika tidak netral dalam pilpres.

Polisi adalah anak rakyat, maka sudah sesuai dengan fitrah kalau polisi berada bersama rakyat. Menjaga dan mengayomi, serta jauh dari sikap memprovokasi, apalagi mengintimidasi. Polisi milik rakyat dalam pengertian seutuhnya, bukan rakyat dalam kelompok ini atau kelompok itu.

14 instruksi Kapolri dalam Surat Telegram bernomor STR/126/III/OPR.1.1.1/2019 tanggal 18 Maret agar polisi netral di pilpres 2019 ini sudah baik dan tepat. Namun, tetap masih harus terus dikawal. Rakyat mesti memantau dan memastikan bahwa seluruh jajaran kepolisian di bawah menjalankan instruksi Kapolri.

Apa yang ditemukan oleh Haris Azhar, direktur Kantor Hukum dan HAM Lokataru, bahwa ada pendataan pemilih oleh jajaran kepolisian dari tingkat polres hingga polsek harus jadi klarifikasi atas komitmen polisi terhadap instruksi Kapolri.

Pendataan dan identifikasi pilihan politik pemilih itu bukan tugas polri. Jika ini terbukti dan benar adanya, artinya ada data-datanya sebagaimana yang diyakini validitasnya oleh Haris Azhar, maka akan mengungkap sejumlah kemungkinan; pertama, instruksi itu tidak sampai ke polisi di jajaran bawah. Kedua, instruksi itu tidak ditaati oleh oknum-oknum aparat kepolisian. Ketiga, pengaruh Kapolri tidak efektif lagi dalam memberikan instruksi. Atau yang keempat, instruksi itu kurang serius dan tidak tegas.

Apapun kemungkinan itu, instruksi Kapolri sudah selangkah lebih maju. Tinggal bagaimana sekarang rakyat mengawal dan memastikan instruksi Kapolri berjalan di bawah. Ditaati dan dipatuhi oleh seluruh anggota kepolisian. Tanpa terkecuali.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.