Senin, 26 Oktober 2020

Closing Statement: Jokowi ‘Menjinakkan’? Prabowo Ksatria

Closing Statement: Jokowi ‘Menjinakkan’? Prabowo Ksatria

Prabowo sempat menegur pendukung 01 saat mentertawakan soal pertahanan negara

Pekanbaru, Swamedium.com — Bagi yang menonton debat Capres tadi malam pasti paham siapa tampil seperti apa.

Bagi saya yang paling menarik justru bagian closing statement. Bagian ini sangat penting karena bisa jadi ‘slilit’ bagi yang merasa unggul atau kesempatan gigitan terakhir bagi yang merasa kalah.

Dalam berbagai percakapan di media sosial dan analisis independen yang berlangsung real time, nyaris semua menilai Prabowo jauh lebih unggul dari Jokowi dalam debat tersebut.

Dapat dimaklumi, sebagai orang yang besar dan berkarir di militer, Prabowo memang menguasai tema debat. Tapi Prabowo bukan Presiden, sedangkan Jokowi pada saat yang bersamaan adalah Presiden.

Pada posisi ini justru seharusnya Jokowi lebih diuntungkan karena menguasai akses terhadap berbagai kebijakan dan informasi seputar tema debat. Namun itu juga tidak membantu karena selalu dipatahkan Prabowo dengan jurus ABS.

Maka, closing statement dari Jokowi yang paling saya tunggu. Saya tidak sabar menunggu apa yang akan disampaikan Jokowi dalam kondisi ‘babak belur’ dalam perdebatan tersebut. Saya berharap Jokowi tampil sedikit keras dengan intonasi tinggi seperti marah saat orasi di Yogyakarta.

Di luar dugaan, Jokowi justru tampil merendah dan merangkul Prabowo. Tidak ada nada serangan dalam closing statement Jokowi. Benarkah demikian?

Menurut saya tidak, closing statement Jokowi tersebut justru dipakai untuk ‘menjinakkan’ Prabowo yang sudah berada di atas angin. Seperti petinju, jika tidak sanggup membalas pukulan lawan saat dipukul, maka segera rangkul.

Dengan strategi ini Jokowi berhasil membuat Prabowo melunak. Jokowi diuntungkan menjadi orang yang pertama memberi closing statement. Bayangkan jika Prabowo yang pertama memberikan closing statement.

Tapi apakah Prabowo yang sudah di atas angin benar-benar dapat dijinakkan oleh closing statement Jokowi?

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.