Minggu, 25 Oktober 2020

Prabowo, Uber Alles, Indonesian First: Catatan atas Debat Keempat

Prabowo, Uber Alles, Indonesian First: Catatan atas Debat Keempat

Jakarta, Swamedium.com — Prabowo, “Uber Alles”, Idonesia di atas segalanya, “Indonesian First”, mengutamakan Indonesia. Tentu di bawah kekuasaan Allah.

Beberapa kawan2 menjapri saya bahwa malam ini kepuasaan mereka terhadap debat sudah tercapai, Prabowo top. Aslinya Prabowo yang tegas, tajam visioner terlihat nyata.

the core national interest

“National interest” alias kepentingan nasional adalah sangat penting alias inti dalam hubungan internasional. Juga dalam pertahanan bangsa. Namun, bagi Prabowo ada lagi yang lebih penting yakni inti daripada inti hubungan internasional dan pertahanan itu sendiri, yakni kedaulatan bangsa.

Investasi asing bukan berarti memberikan keleluasaan pelabuhan udara dan pelabuhan laut dikuasai asing.

(Kita tahu pelabuhan udara seperti Halim Perdana Kusuma dijadikan basis Kereta Cepat China, padahal Halim itu adalah pangkalan militer strategis. Begitu juga pengelolaan terminal2 pelabuhan hampir sepanjang 10 KM dermaga di Tanjung Priok dikuasai asing, meski Pelindo2 memayungi bisnis di sana).

Kedaulatan sebuah bangsa bukan ditunjukkan oleh jualan senyum antara pemimpin bangsa. Prabowo mengatakan bahwa senyum2 para diplomat memang merupakan kerja mereka. Tapi Prabowo tahu bahwa dalam pandangan negara tetangga dan pandangan komunitas diplomat dan jurnalis asing, negara kita hanyalah bangsa yang direndahkan, kita hanya bangsa konsumtif, penumpuk hutang, penikmat impor, miskin dlsb. “Indonesia is a nation of great potential, and will always be a potential”, kata Prabowo, tentang isi kepala diplomat itu.

Kita hanya jadi bangsa besar dan kuat jika kita membangun negara kita sungguh2, kerja keras, bebas korupsi, kuat persenjataan, barulah negara2 lain bukan sekedar jualan senyum, tapi benar2 mendengar bangsa kita. Kita bukan sekedar “mak- comblang” alias menjadi penengah tanpa pengaruh, melainkan penengah yang bisa mengarahkan.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.