Friday, 19 July 2019

Bawaslu Dalami soal Perintah Kapolres Garut Menangkan Petahana

Bawaslu Dalami soal Perintah Kapolres Garut Menangkan Petahana

Jakarta, Swamedium.com – Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu akan segera menelusuri adanya dugaan perintah Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna kepada para Kapolsek se-Kabupaten Garut, untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf Amin. Hal ini usai pengakuan heboh mantan Kapolsek Pasirwangi, AKP Sulman Aziz.

Anggota Bawaslu RI, Rahmad Bagja mengatakan, pihaknya akan mengklarifikasi Kapolres AKBP Budi Satria Wiguna dan AKP Sulman Aziz. “Masih akan diklarifikasi. Akan diklarifikasi mantan Kapolsek dan Kapolres,” kata Bagja, saat dihubungi, Senin 1 April 2019.

Bagja menjelaskan, klasifikasi dilakukan oleh Panwaslu Kabupaten Garut, dengan supervisi dari Bawaslu Jawa Barat. Ia mengingatkan, seluruh aparat Kepolisian untuk berlaku netral di Pemilu 2019. Apalagi, sudah ada telegram dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

“Sudah ada telegram dari Kapolri kalau (mengenai) hal tersebut. Dan, kami mengimbau, agar jajaran Polri mengikuti telegram kapolri tersebut, mengenai netralitas polri,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Garut, Asep Nurjaman mengatakan, pihaknya sudah mendengar pengakuan Sulman Aziz. Pihaknya akan turun tangan melakukan investigasi.

“Ya, terkait dengan informasi-informasi itu akan menjadi referensi kami dalam upaya melakukan penelusuran awal atau investigasi,” ujar Asep kepada wartawan, Senin 1 April 2019.

Menurut dia, Bawaslu akan bekerja profesional melakukan investigasi kepada pihak-pihak terkait, sesuai dengan informasi awal. Secara prinsip, Bawaslu akan melaksanakan tugas sesuai dengan amanat Undang-undang.

“Tetapi, kami tidak cukup hanya mendengar dari media saja. Bawaslu akan turun ke lapangan melakukan investigasi, karena ini sifatnya temuan,” kata Asep.

Sebelumnya, eks Kapolsek Pasirwangi Garut, AKP Sulman Aziz membuat pernyataan heboh, karena mengaku ditekan untuk memenangkan pasangan calon nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin. Sulman menyebut ditekan oleh mantan atasannya, yaitu Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)