Minggu, 25 Oktober 2020

Cina Ancaman Nyata Bagi Indonesia

Cina Ancaman Nyata Bagi Indonesia

Jakarta, Swamedium.com — Pada 20 Februari 2019, Fordis ICS Kahmi melaksanakan diskusi terbatas di Kahmi Center Jakarta.

Turut berbicara antara lain Haryono Kartohadiprodjo, Ahmad Ganis, Taufik Bahaudin dan lain-lain.

Salah satu masalah yang mendapat sorotan tajam dalam diskusi ialah hubungan dengan China (RRC). Setidaknya ada lima persoalan besar dalam hubungan dengan China.

Pertama, investasi China di Indonesia. Semua dibawa dari RRC (Republik Rakyat China) termasuk tenaga kerja kasar. Indonesia sekarang ini sudah mengalami nasib seperti yang dialami Angola, Zimbabwe dan Sri Langka. Indonesia hanya dijadikan tempat investasi China.

Kedua, China memberi utang kepada Indonesia dalam jumlah yang besar, jika tidak hati-hati bisa membahayakan Indonesia di masa depan. Kasus Sri Langka merupakan pengalaman pahit yang harus jadi pelajaran bagi bangsa Indonesia.

Pada tahun 2010, RRC memberi bantuan kepada Sri Langka sebesar US$ 1,5 milyar untuk membiayai proyek pelabuhan Hambantota di pantai Selatan Sri Langka. Akan tetapi gagal membayar utang, sebagai imbalannya tahun 2017 China mengambil alih pengelolaan pelabuhan dan bandara milik Sri Langka selama 99 tahun. Indonesia seperti bank-bank milik pemerintah yang banyak berutang ke China bisa mengalami nasib seperti Sri Langka.

Ketiga, membawa ideologi komunis. RRC menganut sistem ekonomi kapitalis, tetapi sistem politik dan sosialnya mengamalkan sistem komunis. Warga RRC yang datang ke Indonesia otomatis membawa paham komunis. Indonesia dengan Pancasila dan berdasarkan pengalaman sejarah, telah melarang ideologi komunis di Indonesia.

Keempat, Indonesia dibanjiri tenaga kerja dari China, seperti yang dialami Angola, Zimbabwe dan Sri Langka dan negara-negara lain. Tiap hari tenaga kerja dari China banjiri Indonesia. Bahkan tidak sedikit yang sudah memperoleh e-KTP dan tercatat sebagai pemilih Pemilu tahun 2019. Selain itu, banyak tenaga kerja China yang sudah kawin dengan warga setempat seperti kasus di Motaha, Konawe, Sulawesi Tenggara.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.