Senin, 26 Oktober 2020

Survei Terbaru, Elektabilitas Prabowo-Sandi Unggul Jauh dari Paslon 01

Survei Terbaru, Elektabilitas Prabowo-Sandi Unggul Jauh dari Paslon 01

Jakarta, Swamedium.com — Lembaga riset dan pemantau pemilu, New Indonesia merilis hasil survei Pilpres 2019. Hasilnya, elektabilitas pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo-Sandi mengalahkan pasangan Jokowi-Ma’ruf.

Dalam rilisnya, Direktur Eksekutif New Indonesia, David Haerantula menyampaikan, tingkat elektabilitas Prabowo-Sandi sebesar 51,8 persen dan Jokowi-Ma’ruf 44,2 persen.

David mengatakan, menjelang pemungutan suara, terjadi fenomena migrasi suara. Banyak calon pemilihan pasangan 01 bermigrasi atau berpindah dukungan ke pasangan 02.

“Salah satu temuan New Indonesia adalah menguatnya dukungan terhadap pasangan Prabowo-Sandi dan melemahnya elektabilitas Jokowi-Ma’ruf.

Dibandingkan survei New Indonesia sebelumnya, tingkat elektabilitas Prabowo-Sandi kali ini mengalami peningkatan sangat signifikan,” jelasnya saat rilis di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Senin (1/4).

“Pada survei bulan Desember 2018, elektabilitas Prabowo-Sandi baru sebesar 42,3 persen. Dalam waktu sekitar tiga bulan telah melesat menjadi 51,8 persen. Sementara elektabilitas Jokowi-Ma’ruf pada survei Desember 2018 sebesar 49,8 persen kini merosot menjadi 44,2 persen,” lanjutnya.

David menambahkan, selain migrasi dukungan, menguatnya elektabilitas Prabowo-Sandi juga disebabkan para undecided voters yang jumlahnya cukup signifikan pada survei sebelumnya kini mengalihkan pilihannya ke Prabowo-Sandi. Migrasi suara, lanjutnya, dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya Prabowo-Sandi dinilai tampil optimal dalam debat capres dan cawapres.

“Baik dari program kerja yang ditawarkan maupun aspek etika berdebat, paslon 02 ternyata lebih disukai publik. Sikap Prabowo yang lebih fokus pada masalah yang dibahas dan tidak terpancing menyerang pribadi lawan justru mengundang simpati masyarakat. Sikap itu dinilai publik sebagai cermin kematangan dan jiwa kenegarawanan Prabowo-Sandi,” kata dia.

Merosotnya elektabilitas Jokowi-Ma’ruf, salah satunya karena dinilai gagal memenuhi janjinya pada Pilpres 2014. Selain itu, isu penyebar hoaks yang dituduhkan tim Jokowi-Ma’ruf ke Prabowo-Sandi juga dinilai kontra produktif.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.