Minggu, 25 Oktober 2020

Adakah ‘Matahari Kembar’ di Kepolisian?

Adakah ‘Matahari Kembar’ di Kepolisian?

Tangerang Selatan, Swamedium.com — Tetangga saya di kawasan Perumahan Bumi Serpong Damai (BSD) dikenal oleh masyarakat sekitar sebagai “mitra polisi”. Oleh karena itu dia berusaha untuk bisa dekat dengan masyarakat termasuk jemaah mesjid.

Pekerjaan sehari-hari sang Mitra Polisi ini sebagai pemborong bangunan atau developer. Suatu waktu dia membawa rombongan polisi berseragam ke masjid. Katanya, untuk silaturahmi sekaligus patroli. Selang beberapa hari kemudian, sang mitra polisi ini malah membawa Kepala Polres Tangsel ke salah satu masjid di BSD untuk “berceramah” soal Kamtibmas.

Rupanya ada maksud tertentu dibalik ceramah sang Kapolres. Beberapa hari setelah usai ceramah, sejumlah polisi di Polres Tangsel sibuk mendatangi masjid-masjid di Kompleks Perumahan BSD sambil membawa spanduk. Tulisan dalam spanduk itu berbunyi: Masjid Tidak Boleh Digunakan Untuk Kampanye, Issue, Hoax, SARA, dan Radikalisme Pada Pemilu Tahun 2019.

Kontan saja pemasangan spanduk ini mengundang protes para jamaah. Kemudian Forum Masjid dan Musholla BSD (FMMB) yang beranggotakan para pengurus dari 72 mesjid di BSD dan sekitarnya, menyatakan menolak pemasangan spanduk itu.

“Tidak ada angin tidak ada hujan tiba-tiba di masjid mau dipasang spanduk dengan isi tulisan seperti itu,” kata seorang Ketua Yayasan salah satu mesjid di BSD yang menolak pemasangan spanduk.

Tulisan yang tertera dalam spanduk tersebut dinilai para pengurus masjid, justru bisa menimbulkan keresahan diantara jamaah masjid. Selama ini para jamaah sudah aman dan tenang menjalankan ibadahnya di mesjid di kawasan BSD.

Begitulah antara lain kondisi hubungan polisi dengan masyarakat sekarang ini. Kalau saja polisi bisa menjalankan fungsi utamanya melindungi, melayani dan mengayomi masyarakat, hubungan dengan warga bisa berjalan harmonis. Sebaliknya jika relasi polisi dengan warga bersifat satu arah seperti selama ini, jangan berharap terjalin hubungan yang erat.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.