Minggu, 25 Oktober 2020

Sakaratulnya Petahana, Reshuffle Kabinet di Injury, Pertahankan Benteng Terakhir Jatim-Jateng

Sakaratulnya Petahana, Reshuffle Kabinet di Injury, Pertahankan Benteng Terakhir Jatim-Jateng

Jakarta, Swamedium.com — Pihak Capres 01 sudah merasakan tanda-tanda kekalahannya, yang kini sudah dalam masa sakaratulnya Petahana, di ujung leher menjelang Hari-H pencoblosan. Karena itu, petahana melakukan langkah pamungkas, dengan kemungkinan reshuffle kabinet di injury time. Apalagi, konon sudah ada dua menteri yang telah mengajukan pengunduran diri. Perahu sudah mulai karam!

Kabarnya, Rosan P Roeslani mengisi posisi Menko Perekonomian menggantikan Darmin Nasution. Mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo (Pakde Karwo) menggeser Tjahjo Kumolo yang dianggap gagal demi suara Mataraman di Jawa Timur. Sedangkan Gandjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah) harus berurusan dengan KPK, sehingga posisi Gubernur diberikan kepada wakilnya, Taj Yasin Maimoen demi mempertahankan suara Nahdliyin di Jawa Tengah. Karena, Jawa Timur dan Jawa Tengah adalah benteng pertahanan terakhir petahana.

Dengan komposisi tersebut, seolah benar ada dua menteri yang telah meminta pengunduran diri tapi tidak diperbolehkan. Forum News Network mendengar isu tersebut dari sumber terpercaya memang benar bahwa ada dua menteri yang mau mengundurkan diri. Tapi kalau betul yang terjadi skenario di atas, hanya beda nama saja. Sebelumnya, sumber FNN menyebut nama Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Kepala BKPM Thomas Lembong (Tom Lembong).

Nampaknya, bobolnya dukungan pengusaha di KADIN dan khususnya HIPMI menjadi pukulan telak bagi petahana. Apalagi “bedol desa” yang dilakukan Erwin Aksa juga membawa gerbong besar lainnya, yaitu Klan Kalla, melalui Fatimah Kalla, adik Wakil Presiden Jusuf Kalla. Gerbong Fatimah ini merupakan representasi Klan Kalla, mengikuti Klan Aksa yang lebih dahulu bergabung dengan Capres 02 Prabowo Sandi. Eksodusnya Erwin Aksa dan 1.000 pasukan pengusaha ditandai dengan deklarasi dukungan kepada Prabowo Sandi (21/3/2019). Tak pelak, petahana panik, dengan mati-matian mempertahankan gerbong pengusaha di luar Kelompok Erwin Aksa, yaitu melalui Rosan P Roeslani yang telah bergabung bersama Erick Thohir di Capres 01. Seperti Erwin, Rosan juga karib Sandiaga S Uno Cawapres 02. Namun, untuk menambah kekuatan cengkeramannya, petahana telah menjanjikan posisi Menteri Koordinator (Menko) kepada Rosan agar tidak lari. Kemungkinan akan mengisi posisi Menko Perekonomian, Darmin Nasution yang dinilai oleh Tim Kabinet Kerja lainnnya “ogah-ogahan”, sehingga kinerja ekonomi tak mampu memberikan efek elektabilitas bagi petahana.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.