Sunday, 22 September 2019

RSA Indonesia Bawa Konsep Besar Road Safety ke Yunani

RSA Indonesia Bawa Konsep Besar Road Safety ke Yunani

Ivan Virnanda, Ketua Umum RSA Indonesia.

Jakarta, Swamedium.com — Tahun 2019 ini, untuk keenam kalinya, Road Safety Association (RSA) Indonesia mendapatkan kesempatan untuk menghadiri Nongovernmental Road Safety Alliance Global Meeting atau Rapat Umum LSM Keselamatan Jalan dari seluruh dunia yang digelar di Chania, Yunani mulai 9 April sampai 13 April 2019.

“Dalam pertemuan ini, RSA Indonesia membawa konsep besar bagi pemahaman pentingnya keselamatan jalan pada elemen terkecil di masyarakat,” ujar Ivan Virnanda, Ketua Umum RSA Indonesia, melalui rilis, Senin (8/4).

Tak hanya itu, lanjut Ivan, RSA Indonesia juga akan melakukan benchmark terkait aksi-aksi keselamatan jalan di dunia yang bisa diterapkan di Indonesia

Dalam rapat global keenam ini, Aliansi LSM Keselamatan Jalan Internasional mengusung tema besar “From Global to Local Action”. RSA Indonesia diwakili Rio Octaviano sebagai Badan Kehormatan.

Untuk diketahui, RSA Indonesia didirikan September 2005 dengan nama Forum Safety Riding Jakarta (FSRJ), lahir dari keprihatinan beberapa klub dan komunitas biker di Jakarta akan maraknya kecelakaan lalu lintas. Mereka sepakat membentuk forum ini dalam rangka mensosialisasikan keselamatan berkendara.

Tahun 2007 FSRJ bertransformasi menjadi Road Safety Association Indonesia dan menjadi LSM yang bergerak dalam bidang Keselamatan Jalan. Dengan visi “Menciptakan Budaya Tertib ber-Lalu lintas yang aman dan nyaman bagi seluruh pengguna jalan”.

RSA Indonesia bergulir dengan mengusung pendekatan “Segitiga RSA”, yakni taat kepada aturan (Rules), keterampilan berkendara yang mencukupi (Skill) dan perilaku berkendara yang peduli dengan sesama pengguna jalan (Attitude). Strategi yang dipakai dengan melakukan sosialisasi, edukasi, dan advokasi mulai dari pertemuan-pertemuan hingga kampanye di jejaring internet melalui media sosial.

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)