Saturday, 28 March 2020

Maklumat Panitia Terkait Kegiatan Sholat Subuh di GBK 7 April 2019

Maklumat Panitia Terkait Kegiatan Sholat Subuh di GBK 7 April 2019

Jakarta, Swamedium.com — Sehubungan dengan kegiatan sholat subuh di GBK pada hari Ahad, 7 April 2019 yang lalu, maka Panitia perlu mengeluarkan maklumat sebagai berikut.

Pertama ; Terkait adanya jamaah laki-laki dan perempuan yang sholatnya tidak terpisah serta bercampur baur di beberapa titik, maka sesungguhnya panitia sudah menempatkan posisi jamaah laki laki dan perempuan secara terpisah sesuai dengan aturan yang diajarkan Syariah. Bukan kesengajaan untuk menempatkan jemaah secara bercampur baur. Namun jumlah jamaah yang membeludak membuat percampuran tak terhindarkan di beberapa titik, tentunya hal tersebut diluar kendali panitia. Meski demikian, hal ini tidak membatalkan Sholat, hanya saja hukumnya makruh.

Kedua ; Bahwa area yang disiapkan oleh Panitia untuk pelaksanaan sholat subuh adalah LAPANGAN di tengah Stadion GBK dan area diluar stadion, sehingga diharapkan shaffnya lurus kearah kiblat. Dari awal, panitia mensetting pintu akses ke tribun HANYA dibuka SETELAH sholat subuh, tempat duduk di tribun sama sekali TIDAK DIPERUNTUKKAN untuk tempat sholat dan sudah dihimbau kepada jemaah agar sholat di lapangan atau pelataran luar stadion. Namun entah bagaimana, ada yang membuka pintu tribun tanpa koordinasi dengan panitia sehingga jumlah jamaah yang membeludak membuat banyak jamaah masuk ke Tribun sebelum waktu yg ditentukan. Sehingga tampak video yang beredar bahwa sebagian jamaah yang solat di atas tribun solat subuh dengan posisi duduk dan ada pula yang tidak menghadap kiblat dengan benar.

Ketiga ; kami selaku panitia menyatakan permohonan maaf atas kejadian tersebut, adanya sebagian jamaah yang sholat di tribun atas adalah semata mata karena membludaknya jumlah massa yang datang untuk mengikuti sholat subuh secara berjama’ah sehingga peserta yang terus berduyun duyun masuk ke stadion untuk mengikuti sholat subuh menempati area kosong yang ada di dalam stadion. Panitia sudah berusaha keras untuk menghimbau jamaah. Dan himbauan tersebut terkait erat dengan pelaksanaan waktu sholat subuh yang semakin mendekati. Untuk itu *sekali lagi kami atas nama panitia meminta maaf kepada seluruh alim ulama dan jemaah sholat subuh serta kepada seluruh umat Islam atas hal tersebut.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.