Minggu, 25 Oktober 2020

Penghitungan Suara Pemilih Luar Negeri Serentak 17 April 2019

Penghitungan Suara Pemilih Luar Negeri Serentak 17 April 2019

Direktur perlindungan WNI dan badan hukum Indonesia kementerian luar negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal

Jakarta, Swamedium.com — Sepekan menjelang penyelenggaraan serentak pemilu presiden dan pemilu legislatif, kesibukan Persiapannya pun turut dilakukan bagi pemilih di luar negeri.

Seperti diketahui dalam peraturan komisi pemilihan umum (PKPU), bahwa penyelenggaraan pemilu di luar negeri dilakukan oleh panitia pemilihan luar negeri (PPLN).

Setidaknya, terdapat 130 PPLN yang tersebar di 129 perwakilan RI dan kantor dagang dan ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipeh.

Direktur perlindungan WNI dan badan hukum Indonesia kementerian luar negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal, mengatakan, berdasarkan PKPU pemungutan suara bagi pemilih luar negeri diselenggarakan pada 8-14 April.

“Sesuai PKPUnya pemilihan umum di luar negeri itu akan berlangsung antara tanggal 8 -14 April dan itu diserahkan kepada masing-masing panitia pemilihan luar negeri (PPLN) untuk menentukan harinya. Kenapa, untuk memberikan fleksibilitas sesuai dengan availability dari WNI kita di negara tersebut. Misalnya, di Timur-tengah liburnya hari Jumat, sehingga mereka bisa menyesuaikan pemilunya dihari Jumat. Di Eropa kebanyakan mengambil tanggal 13, jadi itu dipersilahkan,” ungkap Lalu Muhammad Iqbal ketika ditemui di Jakarta, Senin (1/4/2019).

Dijelaskan Iqbal, sedangkan terkait tanggal penghitungan suara akan diselenggarakan serentak pada 17 April.

“Namun, penghitungan suara semuanya serentak tanggal 17 April,”ujarnya.

Iqbal menambahkan, setidaknya terdapat 3 mekanisme pemungutan suara bagi para pemilih luar negeri.

“Pemilu di luar negeri ini berbeda dengan pemilu di dalam negeri, karena di dalam negeri hanya ada satu mekanisme yaitu TPS. Nah, di luar negeri itu ada tiga. Yaitu, pos, kemudian kotak suara keliling (KSK) atau kita sebutnya drop box, kemudian yang ketiga TPS. Ketiga mekanisme ini adalah ijtihad KPU bersama kemenlu, dalam rangka mengoptimalkan fasilitasi kita bagi WNI untuk melaksanakan hak politiknya,” papar Iqbal.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.