Minggu, 25 Oktober 2020

Membuka Lahan Tanpa Membakar, Bisakah?

Membuka Lahan Tanpa Membakar, Bisakah?

Foto: 1. Inilah instalasi cuka kayu. Cuka kayu bisa menjadi solusi buka lahan tanpa membakar (denniRisman)

Pekanbaru, Swamedium.com — Bagaimana mungkin membuka lahan tanpa membakar, lalu kayu bekas tebangan mau dikemanakan? Pertanyaan inilah yang selalu dihadapi petugas Manggala Agni Daops Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau setiap turun sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan di daerah operasinya.

“Melarang tanpa adanya solusi jelas tidak bagus,” tutur Ismail Hasibuan, Komandan Manggala Agni Daops Rengat, kepada Swamedium, Rabu (11/4/2019) lalu.

Ismail Hasibuan, Komandan Manggal Agni Daops Rengat dengan instalasi milik mereka. (denniRisman)

Solusi yang ditawarkannya adalah pembuatan cuka kayu atau wood vinegar dari sisa kayu pembukaan lahan.

Cuka kayu? Tentu bagi para petani di Kabupaten Indragiri Hulu, nama ini tidak familiar. Bayangan mereka, sisa kayu bekas membuka lahan bisa untuk membuat cuka, seperti cuka untuk makanan bagaimana bisa.

Kebingungan mereka itu kemudian dijelaskan secara gamblang oleh tim sosialisasi Manggala Agni Daops Rengat.

“Cuka Kayu adalah cairan berwarna coklat pekat dan berbau asap yang diperoleh dari penguapan dari proses pembuatan arang kayu,” ujar Andrean, Komandan Regu 1 Manggala Agni Daops Rengat yang selalu jadi ujung tombak sosialisasi proses pembuatan cuka kayu.

Pada awalnya, para petani itu masih bingung dengan proses cuka kayu, pemanfaatannya dan hubungannya dengan sisa kayu pembukaan dan pembersihan lahan.

Andrean, sedang memasukan kayu bekas tebangan ke dalam drum instalasi cuka kayu (denniRisman) [/caption]

Lalu dijelaskan lagi, kayu bekas tebangan membuka lahan tidak dibakar begitu saja untuk dijadikan cuka kayu, tapi di proses lewat satu alat penyulingan. Kayu bekas tebangan bisa menjadi bahan bakar untuk penyulingan, dan kayu bekas tebangan itu bisa menjadi kayu arang, dan asapnya tidak membesar karena sudah dikontrol dalam pembakaran dan instalasi cuka kayu.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.