Selasa, 27 Oktober 2020

Yang Harus Diketahui Seputar Pemilu 2019

Yang Harus Diketahui Seputar Pemilu 2019

Ilustrasi

Jakarta, Swamedium.com — Pencoblosan Pemilu 2019 tinggal dalam hitungan jam. Masih ada pertanyaan seputar syarat pencoblosan hingga surat suara? Cek jawabannya agar tidak bingung.

Redaksi merangkum pertanyaan-pertanyaan yang muncul di masyarakat secara langsung maupun yang mengemuka di media sosial. Pertanyaan-pertanyaan itu telah terjawab di Peraturan KPU, dokumen panduan KPPS, hingga wawancara dengan komisioner KPU.

Berikut pertanyaan yang sering muncul (frequently asked questions) seputar pencoblosan Pemilu 2019 pada 17 April 2019:

*Tanya: Bagaimana bila nama sudah ada di DPT tapi belum menerima C6?*

Jawab: Untuk pemilih yang terdaftar di DPT tapi tidak mendapatkan C6, pemilih tetap bisa ke TPS dari pukul 07.00 hingga 13.00. Pemilih hanya perlu mendatangi TPS dengan menunjukkan e-KTP atau identitas lainnya (Suket, Kartu Keluarga, Paspor atau SIM).

“Bukan sebagai syarat (mencoblos), C6 hanya pemberitahuan, bukan undangan,” ujar komisioner KPU Viryan Aziz di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2019).

Baca juga: KPU: C6 Bukan Syarat Nyoblos, Hanya Pemberitahuan

*Tanya: Apakah bisa mencoblos hanya dengan e-KTP atau Suket?*

Jawab: Pemilih Pemilu 2019 yang tidak terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) tetap bisa mencoblos bermodal e-KTP atau suket, namun ada syaratnya. Syaratnya yaitu hanya bisa mencoblos di TPS sesuai domisili dan baru bisa mulai pukul 12.00.

“Mereka hanya bisa mencoblos di TPS sesuai dengan alamat e-KTP-nya atau suketnya,” ujar komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2019).

“Lalu mereka hanya bisa menggunakan hak suaranya satu jam terakhir, dari jam 12.00 sampai jam 13.00,” kata Pramono.

Baca juga: Tak Masuk DPT Tapi Mau Nyoblos Pakai e-KTP atau Suket? Ini Syaratnya

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.