Senin, 26 Oktober 2020

Bawaslu Minta KPU Copot PPLN Malaysia, Termasuk Wakil Dubes

Bawaslu Minta KPU Copot PPLN Malaysia, Termasuk Wakil Dubes

Bawaslu sampaikan rekomendasi ke KPU.

Jakarta, Swamedium.com — Badan Pengawas Pemilihan Umum telah membuat keputusan terkait temuan surat suara Pemilu sah, yang diduga telah tercoblos bukan pemilih yang sah dan belum tercoblos oleh bukan pemilih sah di lokasi Bandar Baru Wangi, Selangor, Malaysia.

“Sebagian surat suara yang masuk PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri) Kuala Lumpur diyakini tidak sesuai dengan asas luber Jurdil. Dengan demikian, PPLN terbukti secara sah tidak melaksanakan tugas secara objektif transparan dan profesional,” ujar anggota Bawaslu, Rahmat Bagja, di kantornya di Jakarta Pusat, Selasa 16 April 2019.

Oleh sebab itu, Bawaslu merekomendasikan kepada Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia untuk mengganti dua orang PPLN Malaysia.

Hal ini bertujuan agar terhindar dari masalah konflik kepentingan dalam proses Pemilu ini.

“Bawaslu juga merekomendasikan kepada KPU RI untuk mengganti PPLN [Malaysia] sebanyak dua orang, atas nama Bapak Krisna (KU Hanan) sebagai Wakil Duta Besar (Indonesia untuk Malaysia) yang menurut kami untuk menghindari konflik kepentingan agar perlu diganti, dan Bapak Djajuk Nashir,” ujar Rahmat.

Ia kembali menegaskan, bahwa pemberhentian dua orang itu bertujuan agar berjalan dengan baik serta menjaga profesionalitas dalam penyelenggara Pemilu di Kuala Lumpur, Malaysia.

Sumber: Viva

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.