Senin, 26 Oktober 2020

Warisan yang Akan Ditinggalkan Prabowo untuk Indonesia

Warisan yang Akan Ditinggalkan Prabowo untuk Indonesia

Jakarta, Swamedium.com — Jumpa pers yang digelar capres Prabowo Subianto, Selasa malam (16/4) memberi sebuah harapan baru bagi Indonesia. Dia bertekad tidak hanya ingin meraih kekuasaan, namun memberikan warisan yang sangat berharga bagi bangsa Indonesia.

Warisan yang ingin ditinggalkan oleh Prabowo adalah mengembalikan demokrasi pada jalur yang benar. Wujudnya adalah pemerintah yang bersih dan tidak menyalahgunakan kekuasaan (abuse of power).

Ada tiga komitmen Prabowo jika masyarakat Indonesia memberikan mandat kepadanya untuk memimpin Indonesia lima tahun ke depan bersama Sandiaga Uno.

Pertama, dia akan menyelenggarakan pemilu yang bersih dari kecurangan pada masa akhir jabatan. Prabowo juga menyatakan karena pilihan sikapnya itu, dia siap kalah terhormat, termasuk jika partainya Gerindra kalah dalam pemilu.

Kedua, dia berjanji tidak akan menggunakan TNI-Polri untuk kepentingan politik pribadi dan kelompoknya.
Ketiga, tidak akan menggunakan BUMN sebagai alat untuk kepentingan kelompoknya dan melanggengkan kekuasaannya.

Tiga komitmen Prabowo itu selain menohok dengan telak Jokowi, sekaligus memberikan gambaran masa depan demokrasi Indonesia yang lebih baik di bawah Prabowo.

Banyak pengamat baik dari dalam dan luar negeri yang mengkhawatirkan masa depan demokrasi Indonesia di bawah Jokowi.

Jokowi, seorang tokoh populer yang dianggap mewakili wajah politisi baru —di luar elit politik yang pernah terlibat di era Orde Baru— telah berubah menjadi anti demokrasi dan otoriter.

Tekanan untuk mempertahankan kekuasaan membuat Jokowi, seorang politisi sipil berubah menjadi seorang pemimpin yang anti demokrasi dan otoriter.

“Sekarang para kritikus dan para pendukung Jokowi sama-sama bertanya, seberapa aman sebenarnya (demokrasi) Indonesia dari kemunduran menjadi negara otoriter,” tulis Matthew Busch dalam artikelnya berjudul Jokowi’s Panicky Politics yang ditulis di laman Majalah Public Affairs.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.