Friday, 19 July 2019

“Seeing is Believing, Post Truth dan Everybody Lies: Predicting the Present”

“Seeing is Believing, Post Truth dan Everybody Lies: Predicting the Present”

Foto: Syahganda Nainggolan. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Jumhur Hidayat bertanya pada saya tadi malam, “Gan, apakah Prabowo akan jadi presiden?”. “Tidak,” jawabku? “Lho, #jadi Jokowi dong?,” katanya. “Tidak juga”, kataku. “Lalu siapa?,” tanya dia lagi. “Belum tahu, bisa jadi kamu”, jawabku.

“Predicting the present” adalah pendekatan baru, via big data. Pendekatan lama adalah “predicting the future”, via survei dan quick count. Biarkanlah Denny JA menulis masih mengutip Karl Popper tentang Angsa Hitam, tentang falsifikasi. Ilmu verifikasi dan falsifikasi adalah kebanggaan orang2 sains. Tapi itu dulu. Sekarang era Big Data, ilmu kebanggaan semua.

Big data akan membantu ahli2 ilmu sosial mengetahui situasi terkini dan dinamika terkini. Itulah yang membuat saya menjawab pertanyaan Jumhur bahwa Presiden ke depan bukan Prabowo dan juga bukan Jokowi?

Era peradaban manusia, khususnya belakangan ini ditandai dengan melihat fakta adalah fakta. Fakta adalah yang dilihat. Fakta adalah yang bisa diverifikasi. Atau di falsifikasi. Itu adalah era “seeing is believing”. Hillary Clinton menulis buku dengan judul itu. Dia memberikan pandangan2nya atas apa yang dilihatnya. Tentang keluarga dan anak2, misalnya. Lalu Clinton memberikan pandangan politiknya tentang itu, bagaimana sebaiknya sebuah keluarga itu.

Era lain yang paralel, ditandai dengan “alternative fact” Sebagai sebuah kebenaran. Trump tidak percaya bumi itu bulat. Dia mengatakan bahwa dia sudah berjalan keseluruh dunia, dan dia tidak melihat effect grvitasi bumi, dia yakin bumi datar. Orang2 ahli kebumian mengatakan bahwa bumi bulat. Trump yakin fakta yang dia kemukakan. Jika lawan politiknya tidak yakin anggap saja itu fakta alternatif, sebuah kebenaran yang lain.

“Alternative fact” adalah era Post Truth. Kebenaran bukan monopoli sebuah kelompok. Jokowi silakan percaya menang, Prabowo juga yakin menang.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)