Friday, 20 September 2019

Sukses Peluncuran Buku Generasi Emas Minangkabau di Malaysia

Sukses Peluncuran Buku Generasi Emas Minangkabau di Malaysia

Tan Sri Dato' Seri Utama Dr. Rais Yatim bersama ibu menerima buku dari penulis Ruslan Ismail Mage dan Yos Magek Bapayuang

Kuala Lumpur, Swamedium.com — Langit cerah Kota Kuala Lumpur menjadi saksi perhelatan akbar “Festival Budaya dan Masakan Warisan Minangkabau” selama dua hari (27-28/4) di Muzium Negara Kuala Lumpur Malaysia.

Acara yang diprakarsai oleh Jaringan Masyarakat Minangkabau Malaysia (JM3), Minang Diaspora Network, serta Kampoeng Minang berlangsung spektakuler penuh energi kebersamaan yang dihadiri kurang lebih seribu orang Minangkabau yang berdomisidi di beberpa kota di Malaysia.

Menurut Ketua Panitia Dirwan Ahmad Darwis, acara yang didukung penuh oleh Jabatan Muzium Malaysia ini menjadi paripurna, karena tidak hanya menggelar pesta budaya dan masakan warisan Minangkabau, tetapi juga peluncuran buku spektakuler berjudul “Generasi Emas (Pemikir Gadang Minangkabau) oleh yang berbahagia Tan Sri Dato’ Seri Utama Dr. Rais Yatim.

Lebih menariknyanl lagi karena buku yang menyajikan riset tokoh-tokoh kebangsaan asal Minangkabau ini, ditulis dengan bernas oleh Ruslan Ismail Mage (seorang Bugis asli yang tidak pernah berhenti jatuh cinta sama alam budaya Minangkabau) yang berkolaborasi dengan sang raja kamus dari Minangkabau Yos Magek Bapayuang.

Jadi acara kali ini bukan hanya memperkenalkan budaya dan masakan Minangkabau, tetapi sekaligus memperkenalkan Minangkabau sebagai rumah para arsitek kemerdekaan bangsa.

Sementara itu penulis Ruslan Ismail Mage menjelaskan bahwa buku Generasi Emas (Pemikir Gadang Minangkabau) mencoba mengungkapkan data dan fakta sejarah tak terbantahkan kalau hampir 90% orang yang mendesain Indonesia merdeka adalah orang Minangkabau. Jadi jangan pernah mengajarkan nasionalisme, cinta tanah air, dan rasa kebangsaan kepada orang Minang.

Menurut akademisi Universitas Ekasakti ini, tujuan penulisan buku ini untuk menyadarkan generasi muda bangsa kalau Minangkabau pernah menjadi pusat industri otak dan kepeminpinan nusantara.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (1)

1 Comment

  1. Anonymous

    Mohon info,dimanasaya bisa membeli buku “Generasi Emas: Pemikir Gadang Minangkabau.”, siapa penerbitnya.
    saya berterimakasih bilabersedia menyampaikan toko buku yang atau penerbitnya yg menjual buku tersebut.

    Terimakasih,
    Budiarman

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (1)