Sabtu, 17 April 2021

Ciri Negeri yang Hendak Dihancurkan

Ciri Negeri yang Hendak Dihancurkan

Ilustrasi

Jakarta, Swamedium.com — Urusan kepemimpinan bukan main-main, dia jadi ciri kebangkitan atau bahkan kehancuran, sebagaimana firman-Nya:

Banner Iklan Swamedium

وإذا أردنا أن نهلك قرية أمرنا مترفيها ففسقوا فيها
[الإسراء: ١٦]

Dan jika kami hendak menghancurkan suatu negeri, kami angkat pemimpin-pemimpin buruk di negeri itu lalu mereka (leluasa) berbuat fasik…(QS. Al-Isra:16)

Di ayat yan lain ciri negeri akan dihancurkan bukan saja dilihat pemimpinnya, tapi juga pembesarnya atau setingkat menteri, kapolri, panglima, dan jabatan strategis lainnya dijabat oleh para pendosa ahli, makar ahli, ahli rekayasa dan konspirasi, maka negeri tsb dalam ancaman kehancuran sebagaimana firman-Nya:

وكذلك جعلنا في كل قرية أكابر مجرميها ليمكروا فيها وما يمكرون إلا بأنفسهم وما يشعرون (١٢٣)

Dan begitulah kami angkat di setiap negeri pembesar-pembesar ahli maksiat di negeri tsb, supaya mereka (leluasa) berbuat makar di negeri itu, padahal tidaklah mereka berbuat makar kecuali kepada dirinya sendiri namun mereka tidak merasa. (QS. Al-An’am:123)

Kunci selamat adalah ikhtiar dan istighfar, karena diam malah akan jadi bencana semuanya, sebagaimana firman-Nya di QS. Al-Anfal:

وَاتَّقُوا فِتْنَةً لَا تُصِيبَنَّ الَّذِينَ ظَلَمُوا مِنْكُمْ خَاصَّةً ۖ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Dan peliharalah dirimu dari siksaan yang tidak hanya menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. Ketahuilah bahwa Allah sangat keras siksa-Nya. (QS Al Anfal : 25)

وما كان الله معذبهم وهم يستغفرون(٣٣)

Dan Allah tidak akan pernah menimpakan adzab kepada mereka selama mereka istighfar. (QS. Al-Anfal:33)

Ramadhan bulan mulia, saat paling dekat hamba dengan Allah, bulannya ampunan, saat ini negeri kita sedang di detik-detik yang menentukan antara menuju kehancuran (terlihat dari kekacauan saat ini dan sebelumnya) ataukah bangkit dari keterpurukan. Dan harapan itu masih ada, sekalipun tipis, karena semua ditentukan oleh Allah ‘Azza wa Jalla, bukan oleh MK.

Mari kita perbanyak Istighfar, doa mememohon keselamatan dan pertolongan Allah.

Hasbunallah Wani’mal Wakil Ni’mal Maula Wani’man Nasir.

“Cukuplah ALLAH sebagai penolong kami, dan ALLAH adalah sebaik-baik pelindung”.

Wallahu a’lamu bish-shawaab. (*)

*Penyusun: Dian Hardiana, M.Pd.I

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita