Sunday, 15 December 2019

Bunga Utang Pembangunan Tol Rp 53 M, Pendapatan Tol Hanya Rp 30 M

Bunga Utang Pembangunan Tol Rp 53 M, Pendapatan Tol Hanya Rp 30 M

Tol Trans Jawa. (Faktanews)

Mau tahu berapa pendapatan yang diperoleh pengelola jalan tol? Karena sepi, nominal yang didapat ternyata belum sesuai dengan pengeluarannya.

Semarang, Swamedium.com — Sepinya kendaraan yang masuk jalan tol berimbas langsung pada pendapatan. Alih-alih untung, tiap bulan pengelola mesti mengeluarkan uang untuk investasi.

Hal itu terjadi di Tol Trans Jawa di Ruas Batang-Semarang. Jalan tol sepanjang 75 kilometer itu terbagi menjadi lima seksi tol.

Direktur Utama Jasamarga Semarang Batang (JSB) Arie Irianto mengatakan pemasukan yang diperoleh tol ruas Batang-Semarang belum sepadan dengan biaya yang dikeluarkan. Per hari, pemasukan yang diperoleh dari kendaraan yang masuk berkisar Rp 1 miliar. Jika dikalkulasi Rp 30 miliar per bulannya

Namun, yang menjadi catatan adalah adanya kewajiban pembayaran bunga pinjaman yang digunakan untuk pembangunan tol sebesar Rp 157 miliar per tiga bulan. Sama saja dengan membayar Rp 52 miliar bunga pinjaman per bulannya.

“Itu baru bunganya. Belum pokoknya. Kalau total pokoknya Rp 7 triliun,” kata Arie, pada diskusi ‘Puji dan Bully’ Tol Trans Jawa di lantai I Gedung Pemprov Jawa Tengah, Rabu (27/2).

Artinya, kebutuhan pengelola lebih besar lagi. Selain untuk bayar utang pokok dan bunga, pihaknya juga harus menyediakan anggaran per bulan untuk operasional pegawai. Pihaknya memperkirakan investasi jalan tol baru akan BEP setelah 13 atau 15 tahun. Sementara hak konsesi yang diperoleh yakni 45 tahun.

Selain alasan sepi, rendahnya pendapatan tol juga disebabkan karena adanya diskon hingga 15 persen yang diberikan bagi pengguna tol. Namun hal ini dilakukan untuk memberikan keringanan tarif dan menarik masyarakat memanfaatkan tol.

Alasan lain adalah penurunan tarif dari Rp 1.100 per kilometer menjadi Rp 1.000 per kilometer. “Nilai kontrak nya, untuk tarif tol sebenarnya Rp 1.100 per km,” terangnya.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.