Selasa, 02 Maret 2021

Muhammadiyah Siapkan Layanan Bantuan Hukum untuk Korban Aksi 21-22 Mei

Muhammadiyah Siapkan Layanan Bantuan Hukum untuk Korban Aksi 21-22 Mei

Foto: Nael/swamedium

Jakarta, Swamedium.com — Pengurus Pusat Muhammadiyah membuka layanan pendampingan hukum bagi anggota keluarganya yang ditahan polisi terkait aksi di depan Bawaslu pada 21 -22 Mei yang lalu. Melalui Majelis Hukum dan HAM (MHH), PP Muhammadiyah akan menerima laporan masyarakat dan mengupayakan advokasi hukum.

Banner Iklan Swamedium

“Jadi ini adalah keprihatinan PP Muhammadiyah pasca peristiwa 21-22 Mei di depan Bawaslu. Banyak korban baik luka maupun meninggal dunia. Termasuk ada informasi ada puluhan nama yang belum ditemukan pasca peristiwa itu,” ujar Ghufroni, salah satu advokat MHH yang ikut andil dalam program ini melalui sambungan telepon, Sabtu (1/6/2019).

“Kami dari majelis hukum dan HAM PP Muhammadiyah ingin mencoba menginisiasi pendampingan hukum, advokasi terhadap mereka-mereka yang ditahan kepolisian, banyak di antara mereka yang belum mendapatkan bantuan hukum,” lanjutnya.

Ghufroni menyebut usaha yang akan dilakukan advokat dari MHH adalah minimal mengusahakan penangguhan penahanan, dan mencoba untuk menutup kasus tersebut.

Ia mengungkapkan, saat ini sudah ada laporan dari warga Tegal yang mengaku suaminya belum kembali sejak aksi 21 Mei di Bawaslu itu.

“Ada 4 orang Tegal ditahan di Polres Jakarta Barat, kami dapat informasi dari para istrinya. Kami usahakan untuk melakukan penangguhan penahanan, semoga sebelum lebaran sudah bisa pulang,” ujarnya.

Pelayanan bantuan hukum ini, sebut Ghufroni akan terus dilakukan PP Muhammadiyah hingga waktu yang belum ditentukan.

“Selama masih ada yang lapor akan kita bantu semaksimal mungkin,” ujarnya.

Sementara itu, bagi masyarakat yang ingin melaporkan atau meminta bantuan hukum dari PP Muhammadiyah, bisa menghubungi anggota MHH, Ghufroni dengan nomor 085714158130. Atau dapat menghubungi akun sosial media PP Muhammadiyah, atau langsung mendatangi kantornya di jalan Menteng Raya No. 62, Jakarta Pusat.

Sumber: Kiblatnet

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita