Sunday, 17 November 2019

Sembilan Adab Merayakan Idul Fitri

Sembilan Adab Merayakan Idul Fitri

Ilustrasi Sholat Idul Fitri. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah, tinggal menghitung hari. Tentunya, sejumlah persiapan akan kita lakukan, untuk menyambut hari besar umat Islam se dunia ini. Sejumlah adab yang ada, juga harus kita jalankan.

Apa saja adab yang patut kita laksanakan dalam merayakan Idul Fitri tersebut? Berikut ini ulasannya.

Pakaian Terbagus

Saat shalat kedua hari raya disunnahkan memakai pakaian terbagus yang dimiliki (bukan terbaru). Diriwayatkan dari Ibnu Umar ra, Umar menyodorkan pakaian tebal dari sutera kepada Rasulullah saw sambil berkata: ‘Ya Rasulullah belilah pakaian ini dan berhiaslah dengannya untuk hari raya dan menerima utusan.’ Nabi menjawab: ‘Pakaian ini bagian orang-orang yang tidak punya bagian di akhirat (yakni orang kafir)’. (HR. Bukhary dan Muslim).

Makan Dulu

Sebelum berangkat shalat Idul Fitri disunnahkan makan terlebih dulu. Jika ada makanlah beberapa butir kurma. Diriwayatkan dari Anas bin Malik ra, Nabi saw sebelum berangkat menuju mushalla makan beberapa biji kurma dalam jumlah ganjil. (HR. Bukhary dan Muslim).

Mengumandangkan Takbir

Pada Idul Fitri, takbir dikumandangkan sejak keluar rumah menuju ke tempat shalat, hingga sampai di tempat shalat sampai sebelum shalat dimulai. Diriwayatkan dari Azzuhri, manusia (para sahabat) bertakbir pada hari raya ketika mereka keluar dari rumah-rumah mereka menuju tempat shalat Id sampai mereka tiba di mushalla (tempat shalat Id) dan terus bertakbir sampai imam datang. Saat imam datang, mereka diam dan kala imam bertakbir mereka pun ikut bertakbir. (HR. Ibnu Abi Syaibah).

Jalan Berbeda

Disunnahkan membedakan jalan yang dilalui waktu berangkat shalat hari raya dengan jalan sepulangnya. Diriwayatkan dari Jaabir ra, Nabi saw bila shalat Id ke mushalla, beliau menyelisihkan jalan (yakni waktu berangkat melalui satu jalan dan waktu kembali melalui jalan yang lain) (HR. Bukhary).

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.