Friday, 19 July 2019

Gerindra Gabung Koalisi Jokowi. Mungkinkah?

Gerindra Gabung Koalisi Jokowi. Mungkinkah?

Jakarta, Swamedium.com — Mungkinkah Partai Gerindra bergabung ke dalam koalisi Jokowi? Spekulasi politik liar itu muncul dipicu oleh pernyataan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Bolanya terus menggelinding dan tampaknya sengaja digoreng oleh para buzzer Jokowi.

“Ya politik, enggak ada yang enggak mungkin, serba mungkin. Sangat mungkin lah,” kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (31/5).

Moeldoko mengaku pihaknya terus mendorong pertemuan Jokowi dengan Prabowo. Kemungkinan akan dilakukan setelah lebaran.

Menko Maritim Luhut Panjaitan juga mengaku terus melakukan komunikasi dengan Prabowo yang kini tengah melakukan perjalanan ke luar negeri. Dia mengaku mengingatkan Prabowo untuk berhati-hati dengan bisikan orang-orang di sekitarnya.

Melihat konteks beritanya, pernyataan Moeldoko tampaknya menjawab pertanyaan wartawan. Jawabannya terkesan sambil lalu. Namun melihat gigihnya usaha kubu Jokowi melakukan lobi mendekati Prabowo, upaya menggaet Gerindra sesunguhnya menjadi prioritas utama mereka.

Klasifikasinya Top Urgent! Di atas segala-galanya. Dengan segala cara dan berapapun besar biayanya, misi itu harus terlaksana.

Bila berhasil, hal itu akan menjadi akuisisi politik terbesar bagi Jokowi. Melengkapi keberhasilannya menggaet Demokrat, dan kemungkinan PAN.

Setidaknya ada empat keuntungan sekaligus yang bakal diperoleh Jokowi jika _mission (im) possible_ itu bisa terwujud.

*Pertama,* dengan masuknya Gerindra berarti Prabowo dapat ditundukkan. Prabowo dan Gerindra merupakan satu paket.

Tinggal seberapa besar paket kompensasinya secara politik dan bisnis yang ditawarkan. Yang pasti dijanjikan adalah paket menteri di kabinet. Jumlahnya harusnya banyak, karena perolehan suara Gerindra terbesar setelah PDIP.

Tidak cukup hanya kursi menteri yang ditawarkan. Tidak tertutup kemungkinan ada umpan besar lain yang disiapkan, yakni paket mengganti cawapres Ma’ruf Amin.

Meminjam kalimat Moeldoko, dalam politik semuanya serba mungkin.

Pages: 1 2 3

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)