Sabtu, 27 Februari 2021

Anies: Dengan takbir keliling, warga jadi tuan rumah di tanah sendiri

Anies: Dengan takbir keliling, warga jadi tuan rumah di tanah sendiri

Gubernur DKI Jakarta saat menghadiri takbiran di Rusun KS Tubun, Jakarta Barat. (Viva

Jakarta, Swamedium.com — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengikuti kegiatan takbiran menyambut hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah, di Rumah Susun KS Tubun, Jakarta Barat, Selasa malam, 4 Juni 2019.

Banner Iklan Swamedium

Anies menekankan, takbiran merupakan tradisi perayaan yang sedianya untuk mensyukuri hari kemenangan. “Takbiran itu adalah bertakbir sepanjang malam itu di-sunnah-kan,” kata Anies di lokasi, Selasa malam, 4 Juni 2019.

Dia menambahkan, “Kita di Indonesia punya kebiasaan untuk mengadakan takbir keliling. Ini sebuah tradisi yang dulunya kita menggunakan obor keliling kampung karena waktu itu belum ada lampu merayakan malam kemenangan.”

Anies menyebutkan, telah berkeliling ke sejumlah titik. Ia meminta jajaran Dinas Perhubungan mengawal takbir keliling yang dilakukan oleh masyarakat agar tertib dan aman.

“Kita ingin agar warga merasakan ini adalah tanah mereka sendiri, ini adalah rumah mereka sendiri,” ujarnya.

Dia melanjutkan, “Jangan mereka seakan berada di tanah asing dimana mereka tidak boleh melaksanakan yang menjadi kebiasaannya selama ratusan tahun. Izinkan warga Jakarta menjadi tuan rumah di tanahnya sendiri.”

Sumber: Viva

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita