Sunday, 15 December 2019

Pemerintah Klaim Berhasil, Ternyata Mudik Lancar Karena Jumlah Pemudik Menurun

Pemerintah Klaim Berhasil, Ternyata Mudik Lancar Karena Jumlah Pemudik Menurun

Jakarta, Swamedium.com — Klaim Pemerintah bahwa arus mudik lebaran 2019 lebih lancar akhirnya menemukan jawabannya. Semua akumulasi dari turun drastisnya jumlah para pemudik dibanding lebaran tahun 2018 lalu, yang disinyalir juga akibat dari merosotnya perekonomian masyarakat sehingga banyak yang membatalkan membeli tiket mudik.

Kementerian Perhubungan mengakui, bahwa jumlah pemudik dalam Angkutan Lebaran 2019 mengalami penurunan jika dibandingkan dengan catatan tahun 2018 lalu.

Berdasarkan penghitungan data Sistem Informasi Angkutan dan Sarana Transportasi Indonesia, Sabtu 8 Juni 2019, jumlah pemudik H-7 hingga H+2 turun 17,85 persen dibanding 2018.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Djoko Sasono mengatakan, penurunan tersebut tentu memengaruhi arus mudik dan arus balik pada tahun ini.

Namun, dia menegaskan, data tersebut akan dianalisis lebih jauh dan lengkap guna mengetahui pengaruhnya terhadap terkendalinya arus mudik dan balik pada tahun ini.

“Sampai hari ini angkutan balik terkendali, lancar. Memang dilaporkan tadi semuanya ada penurunan baik di udara, laut, dan kereta api. Tentu formasi ini akan kita olah untuk mengetahui betul, nantinya setelah posko akan kita lakukan analisis untuk mengetahui seberapa besar kinerja Angkutan Lebaran 2019,” katanya di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Sabtu, 8 Juni 2019.

Djoko Sasono menegaskan, penurunan signifikan pada Angkutan Lebaran 2019 memang terjadi untuk angkutan udara. Jumlah penumpang angkutan udara pada H-7 hingga H+2 Lebaran 2019 tercatat sebanyak 2.223.042 penumpang, turun 31,12 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2018 sebanyak 3.227.472 penumpang.

“Memang yang cukup mencolok adalah penurunan siginifikan di udara, sampai angkanya menyentuh ada yang hampir 40 persen. Kita sedang mencari apakah ada balancing pada moda yang lain, tentunya angka ini kita kumpulkan supaya nanti kita secara utuh mempunyai suatu kesimpulan terkait dengan beberapa perkembangan Angkutan Lebaran 2019,” katanya.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.