Tuesday, 18 June 2019

Maruf Amin Akui Menjadi Pejabat di Dua Bank Syariah

Maruf Amin Akui Menjadi Pejabat di Dua Bank Syariah

Jakarta, Swamedium.com — Cawapres 01, KH Ma’ruf Amin, mengakui posisinya sebagai Dewan Pengawas Syariah di Bank BNI Syariah dan Bank Mandiri Syariah. Kendati demikian, dia menyebut dua bank itu bukan bank BUMN, tapi anak perusahaan dari bank BUMN.

“Iya, DPS. Dewan pengawas syariah kan bukan karyawan. Bukan, dan itu bukan BUMN juga. Itu anak perusahaan,” kata Ma’ruf di Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jakarta, Selasa (11/6).

Pernyataan Ma’ruf ini untuk merespons BPN Prabowo-Sandi yang mempersoalkan posisinya sebagai pejabat di kedua bank tersebut. Meski demikian, Ma’ruf enggan berkomentar lebih lanjut, dia menyarankan agar hal tersebut ditanyakan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf.

“Karena ini sudah jadi ranah hukum, TKN saja yang jawab lah. Nggak usah saya memberi penjelasan,” katanya.

Senin (10/6) kemarin, tim hukum BPN Prabowo-Sandi menyambangi Mahkamah Konstitusi (MK) untuk merevisi materi gugatan terkait sengketa Pilpres 2019. Salah satu materi gugatan adalah menyoal jabatan Ma’ruf Amin sebagai komisiaris bank BNI dan Mandiri Syariah.

“Menurut info yang kami miliki, cawapres 01 namanya masih ada dalam struktur BNI Syariah dan Mandiri Syariah, itu berarti melanggar pasal ke 227 huruf P (UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu), karena seseorang yang menjadi capres atau cawapres harus berhenti sebagai karyawan atau pejabat dari BUMN,” kata ketua tim hukum BPN Prabowo Sandi, Bambang Widjojanto arau BW di gedung MK, Jakarta Pusat.

BW mengaku telah mengecek kebenaran informasi tersebut berulang-kali dengan melihat website BNI Syariah dan Mandiri Syariah. Kedua bank tersebut merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Kami cek itu berulang kali dan kami memastikan dan meyakini kalau itu yang terjadi, ada pelanggaran yang sangat serius. Nah, inilah yang menjadi mungkin salah satu yang paling menarik. This is one of the top ,” ucap BW.

Pages: 1 2 3

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)