Monday, 11 November 2019

Membongkar Identitas Nasrudin Joha

Membongkar Identitas Nasrudin Joha

Ilustrasi. (ist)

Bogor, Swamedium.com — Nama Nasjo mendadak tenar. Istilah ini bukan akronim dari Nasi Sambel Ijo atau Nanas Ijo, bukan. Nasjo adalah akronim dari Nasrudin Joha. Dalam sejarah, nama Nasruddin atau Nasreddin adalah seorang sufi satrikal dari Dinasti Saljuk. Tokoh ini dipercaya hidup pada abad ke 13 di Akshehir, dekat Konya, ibu kota dari kesultanan Rum Saljuk, sekarang di Turki.

Nama lengkapnya Nasruddin Hoca (turki), dikenal sebagai sufi dan filosof yang diceritakan dalam berbagai anekdot yang lucu dan penuh makna. Di Arab dikenal sebagai Nasruddin Juha, sementara di Usbek dikenal dengan nama Nosiriddin Hodza. Orang Indonesia biasanya mengenal tokoh lucu ini dengan nama Nasruddin Hoja. Bahkan di tempat tinggalnya (Turki), ada acara festival Nasreddin Hodja dirayakan secara internasional setiap tanggal 5-10 Juli.

Di Eropa kisah-kisah Nasruddin Hoja muncul dalam buku Aesop’s fables, the Miller, his son and the donkey dan The Ass with a Burden of Salt serta The Satyr and the Treveller. Di Bulgaria, ada beberapa dokumen kisah yang berasal Kesultanan Utsmaniyah dengan nama Sly Peter. Di Sisilia kisah yang sama menyertakan seorang pria bernama Giufa.

Dalam kultur Sefardim, yang tersebar di seluruh Kesultanan Ustmaniyah, ada tokoh bernama Djoha yang muncul dalam banyak cerita. Di Rusia, sebagian besar rakyat mengenal kisah Nasruddin dari novel Tale of Hodja Nasreddin yang ditulis oleh Leonid Solovyov. Karya ini telah diterjahkan dalam bahasa Inggris dengan judul The Beggar in the Harem : Impudent Adventures in Old Bukhara (1956) dan Disturber of the Peace (2009). Tinkle, buku komik anak-anak dari India, memasukkan tokoh Nasruddin sebagai salah satu ceritanya.

Pages: 1 2 3 4 5

Related posts

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.