Wednesday, 13 November 2019

Kali Ini Prabowo Tidak Salah Memilih, Tiga Ketupat Lebaran Anies Baswedan

Kali Ini Prabowo Tidak Salah Memilih, Tiga Ketupat Lebaran Anies Baswedan

Tak sia-sia perjuangan berat itu, karena di putaran pertama Anies – Sandi hanya ketinggalan 2% suara dari Ahok – Djarot sang petahana. Di putaran kedua ada tambahan partai yang ikut mendukung : PAN. Alhamdulillah, putaran kedua kemenangan telak dikantongi Anies – Sandi. Bahkan suara Ahok di putaran pertama sama sekali tak bertambah di putaran kedua.

Namun rupanya petahana saat itu tidak ikhlas melepas kursi DKI ke tangan Anies dan Sandi. Taktik yang dipakai adalah dengan “MENGUNCI APBD DKI” sedemikian rupa, sehingga tak tersedia alternatif ruang fiskal bagi Anies dan Sandi untuk mewujudkan program-program kerja mereka. Tentu harapannya agar Anies dan Sandi dianggap “gagal”, warga DKI kecewa, lalu merindukan kepemimpinan Ahok – Djarot.

Tapi bukan Anies dan Sandi kalau langsung menyerah hanya karena APBD dikunci. Mereka wujudkan dulu janji kampanye yang tak butuh anggaran ekstra. Menutup Alexis (tidak memperpanjang ijinnya) dan menghentikan reklamasi Teluk Jakarta, adalah point penting janji Anies – Sandi yang diwujudkan dalam waktu hanya beberapa bulan setelah dilantik.

Lalu, mulailah berbenah kota, mendandani DKI menjadi lebih cantik, terutama pedestriannya, agar lebih ramah bagi pejalan kaki dan penampilannya mirip di negara maju. Ruang-ruang terbuka bagi publik untuk berinteraksi juga dipercantik. Bahkan halte busway pun dipercantik dan dilengkapi dengan tempat sholat. Daerah yang dulu digusur Ahok dengan tidak manusiawi, di tangan Anies ditata dan diberikan kembali tempat untuk hidup layak.

*****

Ini lebaran kedua sejak Anies dilantik pada 15 Oktober 2017. Lebaran pertama Anies jadi Gubernur, Juni 2018, masih belum banyak yang bisa dilakukan Anies, sebab terkendala APBD yang “dikunci”. Tapi lebaran tahun ini Anies bisa leluasa mewujudkan ide-idenya. Pemanfaatan APBD sudah sepenuhnya di tangan Anies.
Ada 2 pihak yang di”angkat” oleh Anies : kaum pendatang dan warga Jakarta asli.

Pages: 1 2 3 4 5

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.