Friday, 19 July 2019

Anies ke Pengkritik soal Kelanjutan Reklamasi: Mereka mengkritik imajinasinya sendiri

Anies ke Pengkritik soal Kelanjutan Reklamasi: Mereka mengkritik imajinasinya sendiri

Foto: Akomodir masukan 13 ikatan alumni, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana gelar kajian akademis soal reklamasi dengan Bappeda. (Pemprov DKI)

Jakarta, Swamedium.com — Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memastikan bahwa penerbitan Pergub Nomor 58 Tahun 2018 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Badan Koordinasi Pengelolaan (BKP) Reklamasi Pantai Utara Jakarta, tidak bertujuan untuk melanjutkan proyek reklamasi.

“Proyek itu berencana membuat 17 pulau, yang jadi baru empat. Jadi, kita kelola yang empat ini, sementara yang belum jadi, proyeknya kita hentikan,” katanya dalam dialog dengan TVOne, Kamis (14/6/2018) malam.

Ia menilai, orang-orang yang mengatakan bahwa ia melanjutkan proyek reklamasi adalah orang-orang yang mengkritik imajinasinya sendiri.

“Kita tidak ada rencana untuk meneruskan reklamasi. Kalau ada yang bilang (meneruskan) reklamasi, mereka sedang mengkritik imajinasinya sendiri,” tegasnya.

Mantan Mendikbud ini menjelaskan, pemerintah bekerja berdasarkan perencanaan, dan Pemprov DKI juga punya perencanaan yang tertuang dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) 2018-2022.

“Dalam RPJMD, reklamasi tidak dimasukkan. Artinya, tidak masuk dalam perencanaan. Itu clear,” tegasnya.

Ia menegaskan bahwa Pergub Nomor 58 yang diterbitkan untuk mengelola empat pulau reklamasi yang telah jadi, dasar hukumnya mengacu pada Keppres Nomor 52 Tahun 1995 tentang Reklamasi Pantai Utara Jakarta, dan Perda Nomor 8 Tahun 2005.

Kebijakan Anies menerbitkan Pergub Nomor 58 Tahun 2018 membuat dia dituding melanjutkan proyek reklamasi.

“Dengan Pergub tersebut, Pemprov DKI Jakarta justru membuat badan khusus dalam rangka melanjutkan reklamasi,” kata Ketua Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Marthin Hadiwinata melalui pesan elektronik kepada sejumlah media, Selasa (12/6/2018).

Sumber: Harian Umum

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)