Senin, 06 Juli 2020

Politisi Kemarin Sore dan Politisi Kemarin Dulu

Politisi Kemarin Sore dan Politisi Kemarin Dulu

Faldo Maldini

Jakarta, Swamedium.com — Video politisi muda PAN Faldo Maldini bikin heboh. Judul videonya memang cukup provokatif : “Prabowo Gak Akan Menang di MK.”

Statemen ini menjadi sangat menarik karena Faldo adalah salah satu juru bicara pasangan Prabowo-Sandi. Dia selama ini cukup vokal dan selalu tampil terdepan.

Dari sisi pendukung paslon 02, pernyataan Faldo dianggap sebagai pengkhianatan. Di kubu pendukung paslon 01, video itu disambut dengan suka cita. Dibantu media massa, mereka ramai-ramai menggorengnya.

Faldo menambah banyaknya gerbong eksodus politisi pendukung 02 ke paslon 01? Jelas ini kabar baik bagi pendukung paslon 01 dan kabar buruk bagi pendukung paslon 02.

Dhimam Abrar Djuraid kolega Faldo sesama caleg PAN yang belum berhasil melenggang ke Senayan membuat tulisan dengan judul menarik “Politisi Medsos, cc Faldo.”

Fenomena Faldo ini sebenarnya bisa dilihat dengan pendekatan berbeda. Tidak hanya soal politisi medsos, politisi dadakan, politisi kemarin sore, atau politisi kemarin dulu.

Pertama, kian dalamnya pembelahan yang terjadi pada masyarakat. Kita kian sulit menerima adanya perbedaan. Jika tidak bersama kami, maka kamu adalah musuhku. Jika kamu berteman, apalagi membela musuhku, maka kamu juga musuhku.

Filsafat aku dan liyan, orang lain(Jawa). Me and others tampaknya bisa membantu menjelaskan fenomena ini.

Celakanya pembelahan itu bukan hanya muncul di tengah masyarakat, namun justru dipersubur oleh perilaku para tokoh, pejabat publik, bahkan oleh presiden sendiri.

Para tokoh, pejabat publik, politisi, presiden, adalah bagian dari persoalan yang menambah dalam pembelahan masyarakat.

Kedua, memudarnya nilai-nilai kesetiakawanan, idealisme, moral dan etika digantikan oleh oportunisme dan pragmatisme politik.

Pembelotan Faldo —kalau benar seperti banyak dituduhkan—bukanlah monopoli dari politisi dadakan, politisi kemarin sore.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.