Tuesday, 12 November 2019

Pengamat: Permohonan Prabowo-Sandi Berpotensi Besar Dikabulkan

Pengamat: Permohonan Prabowo-Sandi Berpotensi Besar Dikabulkan

Margarito Kamis.

Jakarta, Swamedium.com — Satu hari menjelang pembacaan putusan majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan BPN Prabowo-Sandi melalui kuasa hukumnya, muncul pendapat optimis dari pakar hukum tata negara Dr Margarito Kamis. Ia menilai, sebagian dari permohonan gugatan tersebut berpotensi sangat besar dikabulkan majelis hakim.

Hal itu disampaikan Margarito setelah mengamati empat hari persidangan di MK. Salah satu alasan Margarito dari bukti-bukti yang tersaji di hadapan majelis hakim, yakni bukti dokumen surat maupun elektronik yang diajukan pihak pemohon, maupun bukti keterangan saksi-saksi fakta dan saksi ahli, baik saksi yang diajukan pihak pemohon maupun termohon dan pihak terkaitnya. Berikut tulisan lengkap Margarito Kamis yang juga dosen di Fakultas Hukum Universitas Khairun Ternate.

Justum et tenacem propositi virum – orang yang adil dan tabah tidak gentar oleh gertakan-gertakan. Justus vide vivit – orang yang adil hidup dengan keyakinan. Judicium non debet esse illusorium, suum effectum habere debet – keputusan hendaknya tidak berupa khayalan, tetapi harus mempunyai kenyataan yang tegas. Kenyataan telah tersaji dimuka sidang Mahkamah penjaga konstitusi dan bangsa ini. Lalu apa? Akankah permohonan pemohon, Prabowo-Sandi ditolak MK? Apakah sebaliknya MK, mahkamah yang mulia ini mengabulkannya?

Sejauh fakta yang tersaji di hadapan sidang majelis Mahkamah, yang terpublikasi melalui media pers, membuat saya tidak memiliki alasan cukup untuk membayangkan kemungkinan pertama. Berdasarkan fakta yang tersaji dan terpublikasi, saya pergi dan masuk ke kemungkinan kedua; dikabulkan sebagian.

Harus menunjuk fakta, bukan karena doktrin-doktrin yang disajikan pada awal artikel ini, itu jelas. Hukum pembuktian MK jelas, mendefenisikan jenis alat bukti, dan bukti itu harus meyakinkan hakim. Saksi, Saksi Ahli, Surat, bukti elektronik, semuanya sejauh ini tersaji di mahkamah. Ini alat bukti yang dikenal dalam hukum pembuktian MK, dan MK menggunakan teori pembuktian negatif.

Pages: 1 2 3 4 5 6

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.