Sunday, 15 December 2019

Menolak KB, Gubernur Koster Harus Berkaca pada Sejarah

Menolak KB, Gubernur Koster Harus Berkaca pada Sejarah

Foto: Ilustrasi (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Pernyataan Gubernur Bali I Wayan Koster dinilai menyulut polemik seputar masalah klasik kependudukan. Pasalnya, Gubernur Bali itu justru menggencarkan kampanye program keluarga berencana (KB) empat anak.

Dengan pernyataan sang gubernur itu, program KB “Dua Anak Cukup” seakan tidak berlaku lagi di Bali.

Koster justru menyerukan pengantin baru untuk punya empat anak. Menurutnya, tidak ada alasan lagi bagi Krama Bali untuk tidak memiliki lebih dari dua anak.

“Ini saya sampaikan melihat kondisi terkini di Bali. Anak yang menyandang nama Nyoman atau Komang (sebutan anak ketiga) sudah langka. Apalagi Ketut (sebutan untuk anak keempat). Padahal, sejatinya ini warisan leluhur yang begitu arif. Menurut saya, kearifan lokal harus kita jaga dan lestarikan. Untuk itu, saya imbau kepada para pengantin baru, targetkanlah empat anak agar Nyoman dan Ketut juga kebagian tempat bisa hadir di keluarga kita,” kata Koster di Singaraja, Bali pada Jumat (28/6) pekan lalu.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo yang baru saja dilantik langsung merespons wacana tersebut.

“Saya jadi kepala daerah tujuh tahun. Menurut saya kebijakan itu mengenai semua orang, tapi tidak semua orang itu sama. Kalau misalkan saya punya anak empat itu bisa mengatasi semua, tapi belum tentu orang yang prasejahtera bisa mengatasi semua masalah di keluarga,” kata Hasto, Selasa (2/7).

Hasto mengaku tidak mau berasumsi mengenai wacana itu sebelum bertemu dan mendapat penjelasan dari Gubernur Bali.

“Ya kita mendengarkan, kita berkomunikasi, jadi saya tahu. Menahan asumsi kalau saya itu, sebelum saya berasumsi ya, saya sowan Pak Gubernur dululah,” katanya.

Namun begitu, Hasto menekankan kependudukan merupakan sebuah struktur dalam pembangunan nasional yang harus dijaga betul proporsi dari segi rentang usianya.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.