Sunday, 08 December 2019

Cucu Nelson Mandela: Israel menerapkan apartheid di Palestina

Cucu Nelson Mandela: Israel menerapkan apartheid di Palestina

Foto: Zwelivelile Mandela. (ist)

Afrika Selatan, Swamedium.com — Israel tidak ubahnya seperti negara apartheid yang melakukan diskriminasi secara terus menerus terhadap warga Palestina.

Begitu kecaman yang dilontarkan cucu pahlawan anti-apartheid Afrika Selatan, Nelson Mandela, yakni Zwelivelile Mandela dalam acara Palestine Expo akhir pekan ini. Acara itu adalah kegiatan tahunan di London yang bertujuan memamerkan sejarah, warisan dan budaya Palestina.

Kecaman itu merupakan ekspresi solidaritas antara Afrika Selatan dan Palestina.

Zwelivelile Mandela yang juga merupakan seorang anggota parlemen dari Kongres Nasional Afrika (ANC) yang berkuasa di Afrika Selatan itu mengatakan, Hukum Negara-Bangsa yang disahkan pada tahun 2018 menyatakan Israel sebagai tanah air bersejarah bagi orang-orang Yahudi.

“(Hal ini) menegaskan apa yang selama ini kita ketahui sebagai karakter dan realitas sejati Israel. Israel adalah negara apartheid,” ujarnya.

Dia juga menguraikan apa yang dia maksud sebagai apartheid bagi warga kulit hitam Afrika Selatan, yakni tindakan diskriminasi hingga pengambilalihan tanah dan serangan terhadap martabat.

“Semua karakteristik ini ada di Israel apartheid sejak awal tetapi sekarang telah dikodifikasi dan diberi status konstitusional dan ekspresi oleh Hukum Negara-Bangsa,” jelas Zwelivelile Mandela.

“Apartheid Israel melanggengkan diskriminasi menurut undang-undang melalui definisi hukum sebagai negara Yahudi, dengan melakukan hal itu menjadikan non-Yahudi sebagai warga negara kelas dua, secara bergantian sebagai orang asing di negeri kelahiran mereka,” tegasnya, seperti dimuat Al Jazeera, Ahad (7/7).

Sumber: RMOL

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.