Sunday, 15 December 2019

Mencari Pemimpin Perlawanan Terhadap Rezim

Mencari Pemimpin Perlawanan Terhadap Rezim

Foto: Ilustrasi kerusuhan pasca Aksi 22 Mei 2019. (Antara)

Jakarta, Swamedium.com — Mungkin sebagian menganggap, merunduknya Prabowo ke kubu rezim dianggap sebagai akhir dari perjuangan. Namun, justru banyak yang berfikir ini adalah babak baru perjuangan.

Banyak epic dan sejarah perjuangan, khususnya menjelang Pilpres ini yang menunjukan betapa berat dan mahalnya harga untuk sebuah komitmen dan konsistensi.

Sejak MA, TGB, JM, YM, semua awalnya dianggap representasi umat, menjadi lidah umat yang menyuarakan jeritan hati dan apa yang terpendam didalam bathin umat. Namun, perlahan satu persatu merunduk, merapat ke rezim.

Semua berspekulasi, ada ancaman kasus dibongkar, ada ketidakberdayaan, namun umat melihat zahirnya. Zahirnya, dengan motif dan alasan apapun, mereka semua telah mengkhianati umat, memenuhi seruan rezim dan mengabaikan jerit dan tangisan umat.

Pada kasus Prabowo juga sama, harapan itu terlampau tinggi, ekspektasi yang tidak dilandasi akidah kadang menenggelamkan. Begitu Prabowo bertemu Jokowi, bersalaman, bercengkrama mesra, bahkan tampak wibawa Prabowo jatuh dihadapan Jokowi, Jokowi begitu congkak dan bangga dengan kemenangan, Prabowo sampai menyalami Jokowi dengan dua tangan, pertemuan yang dipermanis dengan jamuan makan, secara zahir yang nampak dimata umat sangat mengecewakan.

Prabowo tak bisa berdalih ini strategi, ini hanya memenuhi undangan, ini bukan ucapan selamat atas kecurangan dan berbagai argumen apologetik yang tidak memuaskan akal. Sederhana saja, secara zahir peristiwa Lebak Bulus sangat mengecewakan, sangat menyakitkan.

Keadaan ini, juga sudah disadari Prabowo jauh sebelum tragedi Lebak Bulus terjadi. Tentang Resiko kekecewaan umat, Resiko di cap pengkhianat, dan seterusnya. Namun, nampaknya Prabowo lebih memilih konsekuensi itu, ketimbang berjibaku berdiri dan tenggelam bersama umat. Entah kompensasi apa yang diberikan rezim, yang jelas sangat besar, bahkan sangat besar sekali.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.