Tuesday, 20 August 2019

Mencekam, TNI-Polri Berjaga di Mesuji, Ratusan Warga Mengungsi

Mencekam, TNI-Polri Berjaga di Mesuji, Ratusan Warga Mengungsi

Foto: Aparat polisi dan TNI siaga di Mesuji.

Mesuji, Swamedium.com — Hampir seratus warga Kelompok Mekar Jaya Abdi masih mengungsi pascabentrok berdarah di kawasan Register 45, Sungaibuaya, Kabupaten Mesuji, Kamis (18/7).

Pasi Ops Kodim 0426 Tulangbawang Kapten Inf LE Sihombing menjelaskan, mereka mengungsi sekitar 2 km dari lokasi kejadian ke rumah-rumah kerabat mereka. “Sebagian pengungsi adalah anak-anak, wanita, dan para manula,” katanya, seperti dikutip dari RMOLLampung.com.

Menurutnya, saat ini situasi sudah kondusif, ratusan anggota dari Polda Lampung dibantu anggota Kodim 0426 Tulangbawang terus bersiaga untuk meredam kedua pihak yang bentrok.

Polda Lampung pun sudah berkoordinasi dengan Polda Sumatera Selatan dan TNI untuk meredam emosi warga agat tak pecah kembali konflik berdarah di kawasan Register 45.

Sementara itu, Kapolda Lampung Irjen Purwadi Arianto meminta semua pihak membantu menjaga kondusifitas agar tidak terjadi lagi bentrok susulan.

“Masyarakat tidak perlu panik dan semua harus tenang terkait adanya keributan antar warga Mekar Jaya dan kelompok Mesuji Raya,” katanya.

Polri dan TNI telah melokalisir lokasi peristiwa dan mereka yang menjadi korban sudah dibawa ke rumah sakit. Untuk korban meninggal dunia, pihak kepolisian sudah mengantarkan ke kediamannya.

Personel Polda Lampung hingga kini masih mengamankan lapangan ada tiga SSK (Satuan Setingkat Kompi) Brimob, 100 personel.

Kapolda berharap konflik ini segera diselesaikan melalui Forkopimda.

Empat orang tewas akibat bentrok dalam perebutan lahan di Sungaibuaya, Kabupaten Mesuji, Lampung, Rabu (17/7).

Dua dari empat korban tewas sebelumnya sempat dilarikan ke rumah sakit saat keadaannya masih terluka. Namun nahas, nyawa keduanya tak tertolong.

Kejadian bermula ketika dua kelompok warga bentrok di Kawasan Hutan Produksi Register 45 karena dipantik adanya pembajakan lahan pakai alat berat di lahan setengah hektare milik Yusuf (41) yang masuk KHP Register 45 Kelompok Mekar Jaya Abadi.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)