Friday, 13 December 2019

Pemindahan Ibu Kota Demi Obor China?

Pemindahan Ibu Kota Demi Obor China?

Foto: Peta One Belt One Road. (ist)

LIHAT KE HALAMAN ASLI
Milisi Nasional
Buruh Tulis
Baca, Tulis, Hitung

FOLLOW
Pemindahan Ibu Kota Demi Obor China?

30 April 2019 19:15 | Diperbarui: 30 April 2019 19:19

sumber gambar: aktual.com
Setelah lama tak terdengar, rencana pemindahan ibukota kembali digaungkan pemerintah. Presiden Joko Widodo ( Jokowi) menggelar rapat terbatas (ratas) Tindak Lanjut Rencana Pemindahan Ibu Kota. Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin agar ibu kota negara dipindahkan di luar pulau Jawa. Sebelum memutuskan, Jokowi bicara soal kondisi di pulau Jawa yang dinilai kurang tepat untuk dijadikan ibu kota negara.

Selepas rapat tersebut, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyebut Presiden memastikan ibu kota Jakarta akan pindah ke luar Pulau Jawa. Kepastian itu diputuskan usai rapat pembahasan ibu kota baru di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (29/4).

Lebih lanjut ia mengatakan keputusan ini didasari oleh berbagai pertimbangan yang sudah dikaji oleh kementeriannya. Pertama, ibu kota baru harus memiliki lokasi strategis secara geografis, yaitu berada di tengah wilayah Indonesia. Kedua, luas lahan daerah yang akan menjadi calon ibu kota mencukupi, baik lahan tersebut milik pemerintah maupun milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ketiga, wilayah harus bebas bencana alam atau setidaknya paling minim risiko, serta tersedia sumber daya air yang cukup dan bebas dari pencemaran lingkungan.

Keempat, untuk meminimalisir kebutuhan pembangunan infrastruktur baru, pemerintah ingin ibu kota baru berada di kota yang sudah cukup berkembang. Kelima, dekat dengan pantai. Menurutnya, hal ini harus ada karena identitas Indonesia merupakan negara maritim, sehingga sebaiknya ibu kota lokasinya tidak jauh dari pantai tapi tidak harus di tepi pantai itu sendiri.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.